Strategi Guru Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1825Keywords:
Strategi Guru, Konsentrasi Belajar, Anak Usia DiniAbstract
Strategi pengajaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk membantu anak usia dini mempertahankan konsentrasi mereka selama proses belajar. Guru memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan merancang aktivitas yang mampu menarik minat serta menjaga konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran langsung efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui interaksi personal, penggunaan alat peraga konkret, dan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Guru dapat membantu anak-anak lebih fokus dan terlibat lebih banyak dalam pengalaman belajar dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan respons serta penguatan positif secara langsung. Implementasi strategi pembelajaran tidak langsung oleh guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung eksplorasi mandiri, dan meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Strategi pembelajaran tidak langsung ini akan memungkinkan anak untuk belajar dengan cara yang alami dan menyenangkan, sekaligus mengembangkan keterampilan kemandirian dan pemecahan masalah.
References
Afriani, S., & Taufan, J. (2023). Meningkatkan konsentrasi belajar anak berkesulitan belajar matematika melalui aplikasi Wordwall Quiz. Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khsusu, 11, 118–123.
Alawiyah, A., Tisnawati, N., & Marlisa, L. (2022). Analisis Hubungan Metode Bercerita Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.24127/thufulah.v1i2.3466
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Angkur, M. F. M. (2020). Peran Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43–46.
Apriani, D. (2022). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas 4-6 Sekolah Dasar Negeri 1 Tiyinggading. Jurnal Medika Usada, 5(1), 16–21. https://doi.org/10.54107/medikausada.v5i1.115
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20.
Baidha, P. S. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Fatimah Palembang. Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 02, 203–210.
Chalidaziah, W. (2018). Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X. 1(1).
Eleti, S., Utina, S. S., & Sitti Rahmawati Talango. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A1 di Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PPAUD IT) Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.224
Fadhilah, W., Indriyani, T., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59. https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.42
Fauzia, C., Marcelya, D., Lestari, E., & Annisa, R. (2023). Peningkatan Konsentrasi Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Program Bimbingan Belajar. 1, 31–41.
Hamide, A., Alhadad, B., & Samad, R. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Akhlak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 48–61. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2132
Handayani, R., & Abadi, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3328–3333. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874
Hasviani, O., Handayani, T., & Fitri, I. (2022). Strategi Guru Paud dalam Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Peserta Didik di TK Negeri Pulau Beringin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1458–1466. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.583
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.
Isbah, F., Taufiq, A., Jamaludin, A., & Munir, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Anak Usia Dini. 2, 26–37.
Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223
Khadijah, M. (2018). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Lestari, F. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA?: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Mahmudi, I., Muthoifin, M., & Rosyadi, I. (2022). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur`an Di Ma`had `Aly (Studi Kasus di Ma`had `Aly Baitul Qur`an Wonogiri). Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 105. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4202
Manik, D., & Naibaho, D. (2023). Komitmen Terhadap Tugas dan Panggilan Sebagai Guru PAK yang Profesional. 1(1), 194–198.
Marzatifa, L., Inayatillah, & Agustina, M. (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Al - Azkiya?: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013
Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications Ltd, 2nd Edition, 1304(1987), 89–92.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-undang tentang Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005.
Pettalongi, A. (2023). Strategi Guru dalam Membentuk Kepribadian Anak (Studi Pada PAUD Al-Khairaat Kec. Lore Selatan Kab. Poso). Musawa: Journal for Gender Studies, 15(1), 23–37. https://doi.org/10.24239/msw.v15i1.1781
Rachman etc, A. (2021). Peran Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Guru Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22–30.
Rosdiana, E. (2021). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Konsentrasi Berpikir dan Berbuat Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Rusyidiana, L., Ismail Fahmi, A., & Sulaeman, D. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual. Jurnal Tahsinia, 4(1), 82–92. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.348
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762
Umami, L., Salsabilah, T., Lestari, S. W., Herdianti, D. T., Arisky, G., Baidha, S., Oktamarina, L., Pendidikan, P. S., Anak, I., Dini, U., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Kunci, K., Kurikulum, :, Tk, P., Terpadu, I., & Harapan, C. (2023). Analisis Kurikulum Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Cipta Harapan Palembang. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA |Vol, 2(4), 254–274.
Wahyuni, I., Jatmikowati, T. E., & Rachman, A. U. (2023). Strategi Guru Terhadap Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i1.30
Yiniasih, D. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini melalui Metode Atik dan Permainan Isi Botol di RA Al Fikri Klari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3007–3011. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1982
Yuniarti, Larasati, T., & Diana. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Melalui Bermain Sensorimotor. Jurnal Warna?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 08(01). https://doi.org/10.24903/jw.v
Yusniarti, Miranti, R. A., Wulandari, D., & Neni Afriani, N. (2022). Penerapan Metode Ice Breaking Pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Studi Kasus Di Ra Alwasliyah Bangun 17. Al Itihadu Jurnal Pendidikan, 2(1).
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.