Pengaruh Detektif Maze dalam Mengenal Bilangan Anak 4-5 Tahun TK Fania Salsabilla
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1824Keywords:
Media Maze, Aktivitas, dan Konsep BilanganAbstract
Kognitif diartikan kecerdasan atau berpikir. Masalah yang di dapat pada TK Fania Salsabilla peneliti menemukan anak yang kurang mengerti konsep bentuk benda, angka, karena minimnya pengetahuan anak menhgenai hal tersebut penulis membuat media yang dapat mengembangkan kognitif anak dengan menstimulasi melalui ape Detektif Maze Bilangan, APE yang peneliti rancang dapat menstimulasi anak berpikir dengan cara memecahkan masalah. Penelitian kuantitatif, mengunakan metode Eksperimen dimana anak melakukan percobaan untuk membuktikan apa yang telah dipelajarinya. Pada saat melakukan obervasi pertama kali, melakukan percobaan dengan benda-benda yang ada di TK tersebut, ternyata masih banyak anak yang kurang mengerti dalam mengenal konsep bilangan. Setelah uji test yang telah dilakukan dari ke tiga instrument dan perolehan nilai post-test dapat disimpulkan bahwa hasil post-test dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Media yang sudah di rancang dapat melatih konsentrasi anak untuk memecagkan masalah pada jalur rintangan yang ada pada maze tersebut. Berdasarkan hasil penelitian analisis data tentang pengaruh permainan Detektif Maze Bilangan terhadap kemampuan berhitung anak 4-5 tahun dapat disimpulkan bahwa aktivitas bermain media maze memberikan pengaruh terhadap perkembangan mengenal lambang bilangan anak. Semakin tinggi aktivitas anak menggunakan media maze angka maka semakin meningkat perkembangan mengenal lambang bilangan anak.
References
Basri, H. (2018). KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL BAGI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1).
Wicaksono, A. W., Nafi'ah, A., Winona , A. F., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melaliui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini. Jurnal dunia anak usia dini, 4(2), 409-420.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2).
Nurfadzilah , S. (2022). METODE EKSPERIMEN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo.
Puryadi, Sahono, B., & Turdjai. (2017). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 132-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

