Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Media Labirin Raksasa Usia 4-5 Tahun di TKIT Mutiara Hati
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1817Keywords:
Media Labirin, Anak Usia Dini, Motorik KasarAbstract
Berdasarkan observasi di TKIT MUTIARA HATI, diketahui bahwa terdapat beberapa anak usia 4-5 tahun yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasarnya. Hal ini dapat dilihat dari kesulitan mereka dalam melakukan gerakan-gerakan dasar seperti, melompat, berdiri dengan keseimbangan, meniru gerakan. Keterlambatan ini dikhawatirkan dapat menghambat perkembangan anak secara keseluruhan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode experimental research.Labirin raksasa dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada anak. Media labirin merupakan salah satu stimulasi yang dapat diberikan kepada anak, memberikan kontribusi terhadap tumbuh kembangnya, khususnya anak dapat melatih motorik kasar, logika, melatih kesabaran serta memberikan pengetahuan, dan permainan labirin merupakan salah satu permainan yang dapat membantu anak. untuk membedakan bentuk dan warna.Berdasarkan hasil data penelitian pre-test, post-test dan paired samples test di atas maka dapat diketahui, nilai sig (2- tailed) adalah sebesar ,001 ,005 ,maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh stimulasi kemampuan motoric kasar anak usia dini melalui media labirin raksasa usia 4-5 tahun di TKIT MUTIARA HATI memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik kasar pada anak.
References
Akbar, Rahmatulla, Rusdy A Siroj, M Win Afgani, dan Weriana. 2023. “Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan): 465–74.
Hamdani, M, B. A. Prayitno, dan P Karyanto. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen.” Proceeding Biology Education Conference 16(Kartimi): 139–45.
Hidayanti, Maria. 2013. “Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7(1): 195–200.
Khairi, Husnuzziadatul. 2018. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.” Jurnal Warna 2(2): 15–28.
Kurnia, Rita, dan M Ed. 2018. Media Pembelajaran.
MAHMUD, BONITA. 2019. “Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.” DIDAKTIKA?: Jurnal Kependidikan 12(1): 76–87.
Mayang, Fina, dan Ayu Frindani. 2023. “Pengaruh media permainan labirin terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Pancasila III di kota surabaya.” 12(1): 1–9.
Ramadhani, Alifia Sitta, Wafiq Azizah, Yunita Selpiyani, dan Khadijah. 2022. “Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(3): 2360–70.
Safitri, Herli, dan Yaswinda Yaswinda. 2023. “Pengaruh Media Labirin Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak.” PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 5(1): 22–37.
W., Sulaiman. 2022. “Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 3953–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

