Pengaruh Bermain Pura-Pura (Pretend Play) Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Kelompok B Tk Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1816Keywords:
Bermain Pura-Pura (Pretend Play), Sikap Tanggung Jawab, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Seseorang dikatakan bertanggung jawab apabila mampu melakukan semua tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab juga berarti siap menanggung segala resiko atas perbuatannya sendiri. Oleh karena itu, dengan mengajarkan tanggung jawab mulai dini kepada anak-anak dapat menumbuhkan rasa sikap kedisiplinan dan tanggung jawab yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pura-pura (pretend play) terhadap sikap tanggung jawab anak kelompok B TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 15 anak pada kelompok B. Teknik pengambilan data sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi nonparticipant. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah di uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test. Hasil dari analisis data menggunakan pengujian hipotesis uji-t Paired Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap tanggung jawab anak kelompok B TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota pada data pre test dan post test. Untuk melihat berapa besar pengaruhnya, dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh penggunaan metode bermain pura-pura (pretend play) terhadap sikap tanggung jawab anak kelompok B TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota sebesar 2,16. Hasil tersebut di dalam tabel kriteria interpretasi nilai cohen’s termasuk kategori yang berefek kuat (strong effect) terhadap peningkatan sikap tanggung jawab anak kelompok B. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan metode bermain pura-pura (pretend play) berpengaruh positif terhadap sikap tanggung jawab anak kelompok B TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota.
References
Adiwiyoltol, A. (2001). Mellatih Anak Belrtanggung Jawab. Jakarta: Mitra Utama.
Amri. (2019). Preltelnd Play Selbagai Dasar Pelngelmbangan Karaktelr Anak Usia Dini. PElMBElLAJAR: Jurnal Ilmu Pelndidikan, Kelguruan, dan Pelmbellajaran, 9(1), 1- 10. https://oljs.unm.ac.id/pelmbellajar /articlel/vielw/6864
Christianti, M. (2011). Pelmbellajaran anak usia dini delngan pelndelkatan prolyelk. Dinamika Pelndidikan, 18(2).
Danny S, Tritjahjol., & Windrawantol, Y. (2013). Pelngelmbangan Moldell Preltelnd Play dalam Pelmbinaan Karaktelr pada Anak-Anak Pelmulung di Kolta Salatiga.
Halida. (2011). Meltoldel Belrmain Pelran dalam Melngolptimalkan Kelmampuan Belrbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Jurnal Cakrawala Kelpelndidikan, 9(1), 27- 34. http://jurnal.untan.ac.id/indelx.php/jckrw/articlel/dolwnlolad/270/275
Haryani, R. I., Jaya, I., & Yulsyolfrielnd, Y. (2019). Pelmbelntukan Karaktelr Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Poltelnsia, 4(2), 105-114.
Holffmann, J., & Russ, S. (2012). Preltelnd play, crelativity, and elmoltioln relgulatioln in childreln. Psychollolgy olf Aelstheltics, Crelativity, and thel Arts, 6(2), 175–184. https://doli.olrg/10.1037/a0026299
Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Olrielntasi Baru Pelndidikan Anak Usia Dini: Telolri dan Aplikasi.
Masnipal, M. P. (2013). Siap Melnjadi Guru & Pelngellolla PAUD Prolfelsiolnal. Ellelx Meldia Kolmputindol.
Molnks, F.J., Knolelrs, A.M.P., & Haditolnol, S.R. (2004). Psikollolgi pelrkelmbangan: Pelngantar dalam belrbagai bagiannya (Relvisi-3). Yolgyakarta: Gadjah Mada Univelrsity Prelss.
Mukhadis, A. (2018). Validitas dan relliabilitas instrumeln pelnellitian. Jurnal Ilmiah Kelselhatan, 10(1), 1-7.
Musbikin, I. (2020). Pelnguatan Pelndidikan Karaktelr (PKK) (Rizal(els); 1 ). Bandung: Nusa Meldia.
Mutiah, D. (2010). Psikollolgi Belrmain Anak Usia Dini (Jakarta: Kelncana Pelrdana Meldia Grolup.
Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, El., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statstk Pelnellitian (1st eld, ). Sibuku Meldia.
Pelraturan Melntelri Pelndidikan dan Kelbudayaan Relpublik Indolnelsia. (2020). Nolmolr 137 Tahun 2014. Telntang Standar Nasiolnal Pelndidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Melndikbud.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggolrol, S. (2020). Implelmelntasi pelndidikan karaktelr tanggung jawab dan kelrja sama dalam pelmbellajaran telmatik kurikulum 2013 di sd nelgelri 2 belrkolh. Jurnal Papelda: Jurnal Publikasi Pelndidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Pratiwi, W. (2017). Kolnselp Belrmain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajelmeln Pelndidikan Islam, 5(2), 106–117. Reltrielveld frolm https://www.jolurnal.iaingolrolntalol.ac.id/indelx.php/tjmpi/articlel/vielw/395
Reltnawati, H., Apinol, El., Kartianolm, Djidu, H., & Anazif, R. D. (2018). Pelngantar Analisis Melta (El. Apinol (eld.); I). Paratama Publishing.
Rubin, K.H., Felin, G. G. & Vandelnbelrg, B. (1983). Play. Dalam Paul H. M. (Eld.), Handbololk olf child psychollolgy (4 th eld.). Nelw Yolrk: Jolhn Wilely & Solns.
Salsabila, J., & Tarigan, N. (2021). Studi Telntang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Celmelrlang Seli Melncirim. Jurnal Golldeln Agel, 5(01), 111-118. https://doli.olrg/10.29408/golldelnagel.v5i01.3334
Sansanwal, S. (2014). Preltelnd play elnhancels crelativity and imaginatioln. Jolurnal olf Arts and Humanitiels, 3(1), 70-83.
Sudarsolnol. 2009. Karaktelr Melngantar Bangsa dari Gellap melnuju Telrang; karaktelr melndolrolng kita hidup dalam Kelbahagiaan. Jakarta: PT Alelx Meldia Kolmputindol.
Sugiyolnol, 2009, Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabelta.
Sugiyolnol. 2022. Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif. Bandung: Alfabelta.
Sukiman. (2016). Selri Pelndidikan Olrang Tua: Melngelmbangkan Tanggung Jawab pada Anak. Jakarta: Kelmelntelrian Pelndidikan dan Kelbudayaan. http://relpolsitolri.kelmdikbud.gol.id/id/elprint/9717
Suminar, D. R. (2009). Melmbangun karaktelr anak mellalui preltelnd play. Jurnal Psikollolgi Indolnelsia, VI (1), 1-11. https://www.acadelmia.eldu/dolwnlolad/52103341/JPI_voll_6_nol_1_2009.pdf
Syafitri, R. (2017). Melningkatkan tanggung jawab bellajar mellalui stratelgi giving quelstiolns and geltting answelrs pada siswa. Jurnal Pelnellitian Dan Pelngelmbangan Pelndidikan, 1(2).
Tillman, D. & Hsu, D. (2000). Living Valuels Activitiels folr Childreln Agel 3-7. Elngish: Helalth Colmmunicatiolns, Inc.
Ulfa, D. (2014). Melningkatkan Tanggung Jawab Bellajar delngan Layanan Kolnselling Individual Belrbasis Sellf Managelmelnt Pada Siswa Kellas XI di SMK Nelgelri 1 Pelmalang Tahun Pellajaran 2013/2014. Selmarang: Fakultas Pelndidikan Univelrsitas Nelgelri Selmarang. http://lib.unnels.ac.id/id/elprint/20089
Utiarahman, G. (2018). Telknollolgi Pelngambilan Sampell dalam Pelnellitian. Jolurnal olf Relselarch Meltholdollolgy, 1(1), 5-14
Wijaya, Melliana Adiningsig (2007) Elfelktivitas pelrmainan pura-pura dalam melningkatkan kelmampuan belrbahasa anak pra selkollah. Skripsi thelsis, Sanata Dharma Univelrsity. http://relpolsitolry.usd.ac.id/id/elprint/28267
Welitzman, El. Grelelnbelrg, J. 2002. Lelarning Languagel and Lolving It: A guidel tol prolmolting childreln's solcial, languagel, and litelracy delvellolpmelnt in elarly childholold selttings. Tolrolntol: Thel Haneln Celntrel.
Yusuf S.dkk (2016). Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr dalam Pelmbellajaran di Selkollah Dasar. Jurnal Pelndidikan Humaniolra,2016 (4) 3 132-142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

