Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Seksual Tema Diri Sendiri pada Anak Usia 5-6Tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1815Keywords:
Game multimedia interaktif, perkembangan seksual, tema diri sendiriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan game multimedia interaktif yang layak serta mengetahui respon guru mengenai game multimedia interaktif untuk menstimulasi perkembangan seksual tema diri sendiri pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementastion, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 6 orang guru di TK IT Al– Azka Kota Jambi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa game multimedia interaktif layak sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan seksual tema diri sendiri dilakukan validasi sebanyak dua kali dengan hasil akhir validasi ahli media diperoleh skor 100% kategori “sangat baik”. Kemudian validasi oleh ahli materi juga dilakukan sebanyak 2 kali. Pada validasi pertama diperoleh skor persentase sebesar 87,5%. Setelah revisi produk, dilanjutkanvalidasi kedua dan memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan uji kepraktisan kelompok kecil, game multmedia interaktif dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 88,7% dengan kategori “sangat baik”yang ditentukan dari pengisian lembar instrumen oleh guru. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa game multimedia interaktif yang dihasilkan layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan seksual tema diri sendiri
References
Indrawan, I., Hadion Wijoyo, I Made Arsa Wiguna & Edi Wardani. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Banyumas Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Labib, M. F. (2018). Perlindungan Anak Korban Tindak Kekerasan dan Pelecehan Seksual: Studi Kasus di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Sulistiani, S. L. (2016). Konsep Pendidikan Anak Dalam Islam Untuk Mencegah Kejahatan Dan Penyimpangan Seksual. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 99-108.
SIMFONI-PPA. (2023). Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi.Kemenpppa.Go.Id.https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ring kasan.
Sofyan, H. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. Infomedika
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527-536.
Winata, W., Khaerunnisa, K., & Farihen, F. (2017). Perkembangan Seksual Anak Usia Dua Tahun (Studi Kualitatif Perkembangan Seksual Pada Zakia). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 342–357.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

