Pengaruh Aktivitas Bermain Bombik Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1813Keywords:
Bermain Bombik, KreativitasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi yang masih belum berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak masih belum belum bisa membuat hasil karya yang baru tanpa diberi contoh oleh guru, dan kurangnya keingintahuan pada anak dalam kegiatan serta anak belum bisa menunjukkan inisiatif saat melakukan hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain bombik terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK ABA IV Kota Jambi 136 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, yang berjumlah 17 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan rata-rata skor pre-test sebesar 13,941 dengan jumlah skor 237 dan rata-rata skor post-test sebesar 23,824 dengan jumlah skor 405. Diperoleh nilai rata-rata tes akhir lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata tes awal selisih 9,883 dengan perbedaan nilai tes awal dan tes akhir adalah relevan. Kemudian didapat uji hipotesis bahwa t hitung > t tabel yaitu 38.601 > 2.131 pada taraf signifikan = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari Aktivitas Bermain Bombik Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA IV Kota Jambi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas bermain bombik dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kreativitas anak.
References
Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
Hayati, N., & Fitri, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangin Melalui Bermain Bombik Moditifikasi Pada Anak Kelompok Bermain. Paud Teratai, 5(3), 1–5.
Lalila, S. H. A. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manik Bombik Pada Kelompok TK B. Jurnal Pendidikan Anak, 3(3).
Malinda, Y. (2018). Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Kreativitas Anak Pada Raudhatul Atfhal Al-Fallah Bina Insan Islami Simpang Asrama Simpuruk Kecamatan Sungai Tarab Batus Angkar. IAIN Batusangkar.
Nurmayani. (2019). Bermain Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Pendidikan D, 3(1).
Sari, F. S. (2022). Analisis kegiatan pengembangan kognitif melalui permainan bombik di play group al-khodijah kota mojokerto. Program Studi PGRA, 8(1), 71–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

