Peningkatan Sikap Ilmiah Melalui Media Diorama pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Macanan 2

Authors

  • Mellyani Sarah Awwalina STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1776

Keywords:

Kata kunci: Media Diorama; Sikap Ilmiah; Anak Usia Dini; Pendidikan Anak Usia Dini; Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) media diorama dapat meningkatkan sikap ilmiah anak di TK Dharma Wanita Macanan 2. (2) untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan sikap ilmiah melalui media diorama pada anak di TK Dharma Wanita Macanan 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Fokus penelitian ini yaitu ada pada proses pembelajaran sains dalam sikap ilmiah menggunakan media diorama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian sikap ilmiah anak menggunakan media diorama pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Macanan 2 mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dari persentase sebelum tindakan hingga sesudah tindakan yang dilakukan, yakni sebelum tindakan atau pra siklus sebesar 30%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan pertama hingga ketiga sikap ilmiah anak meningkat menjadi 55%, pada siklus II pertemuan pertama hingga ketiga, sikap ilmiah anak meningkat menjadi 80%, sehingga mencapai kriteria ketuntasan.

References

Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D. N., Jalal, N. M., Ma'arif, M., Suwenti, R. Rahmawati, H. K. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153.

Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2).

Madrasah Ibtidaiyah, M. U. J. (2023). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV.

Olua, E. (2022). Peningkatan Sikap Ilmiah Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Panrita, 2(2), 91-98.

Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh media sosial pada perkembangan kecerdasan anak usia dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 127-134.

Seftriana, A., Wulan, S., & Hasanah, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran diorama siklus air pada mata pelajaran IPA. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III.

Sya’bana, F. N. R., Azizah, E. N., & Wijayanti, A. (2021). Pengaruh Aktivitas Read Aloud Saat Belajar Dari Rumah Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 203-212.

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181-5192.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Awwalina, M. S. ., Kusumastuti, N. ., & Koesmadi, D. P. . (2025). Peningkatan Sikap Ilmiah Melalui Media Diorama pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Macanan 2. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 371–376. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1776

Issue

Section

Articles