Pengembangan Media Alphabet Arabic Book untuk Mengenalkan Angka Arab dan Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Sidorejo

Authors

  • Jauharoh Alfi Karomah STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi
  • Amiratih Siti Aisyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1770

Keywords:

Angka arab, Huruf Hijaiyah, Pendidikan Anak Usia Dini, Alphabet, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini menciptakan media “Alphabet Arabic Book” yang valid efektif, efisien, dan menarik, untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka arab dan huruf hijaiyah pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Sidorejo Kecamatan Kendal. Pengembangan kemampuan mengenal huruf bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Pada kemampuan tersebut, anak diharapkan dapat mengenal konsep sederhana sehingga anak  sudah  siap  untuk belajar ke jenjang lebih lanjut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research & Development) yang mengacu pada model ADDIE dengan tahap Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil validasi pada aspek keefektifan, keefisienan, dan kemenarikan, melalui subjek uji coba ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil yang melibatkan subjek 10 anak di  kelas A1 TK Aisyiyah Sidorejo  dan pada uji coba lapangan yang melibatkan subjek 20 anak di kelas A2 TK Aisyiyah Sidorejo. Menghasilkan capaian penilaian sebesar 95,00% pada aspek keefektifan, 98,33% pada aspek keefisienan, dan 96,67% pada aspek kemenarikan. Artinya Media Alphabet Arabic  Book memiliki kontribusi serta dampak posistif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenak angka arab dan huruf hijaiyah di TK Aisyiyah Sidorejo Kecamatan Kendal, Media Alphabet Arabic Book sangat efektif dijadikan sebagai alternatif dan sarana penunjang bagi guru dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenak angka arab dan huruf hijaiyah pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Sidorejo.

References

Akbar, R., & Sarwoko, E. A. (2016). Studi Analisis Pengenalan Pola Tulisan Tangan Angka Arabic (Indian) Menggunakan Metode K- Nearest Neighbors Dan Connected Component Labeling: Jenderal Soedirman University.

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D.

T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Di Paud. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46-57.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. In: Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Daulay, I. (2017). The Development Of Computer-Based Learning Media At A Vocational High School. Geomate Journal, 12(30), 96-101.

Fauzan, M., & Fara, E. W. (2020). Desain Pengembangan Media Digital Untuk Mengenalkan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 337-351.

Hariroh, Ulfatul. 2023. 'Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif

Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok B Di Ra Raudlatul Ulum Panti Jember Tahun Ajaran 2022/2023'.

Imroatun, Imroatun. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini. In Annual Conference On Islamic Early Childhood Education (Aciece), 175-88.

Ita, Efrida, Dek Ngurah Laba Laksana, And Maria Relista Kembo. (2021). 'Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini', Aspek Perkembangan Anak Usia Dini, 55.

Meizahwa, Elsya. (2023). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Kopah Pada Materi Pembagian', Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4: 387-91.

Mulyani, Fitri. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Uniga, 3: 1-8.

Nurcahyawati, Enny, And Ismail Bambang Subianto. (2020). 'Pengembangan Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Flashcard Pada Taman Kanak- Kanak Kartika Viii-39', Senada: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1: 36-43.

Pratiwi, Wiwik. 2017. 'Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini', Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5: 106-17.

Saputra, Alan Lutfi Gesang, Agus Sriyanto, And Yeni Kusuma Ningtyas. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Di Tkit An-Nur Walikukun Kabupaten Ngawi', Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1: 13-21.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (Prenada Media).

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Karomah , J. A., Kusumastuti, N., & Aisyah , A. S. . (2025). Pengembangan Media Alphabet Arabic Book untuk Mengenalkan Angka Arab dan Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Sidorejo. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 358–366. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1770

Issue

Section

Articles