Peningkatan Kemampuan Berfikir Logis Melalui Smart Look Book pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Ngompro 2
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1769Keywords:
Penelitian tindakan kelas; Anak usia dini; Berfikir logis; Media pembelajaran; Smart look book;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis anak melalui smart look book. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5 – 6 Tahun Kelompok B. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tinadakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peningkatan kemampuan berfikir logis dapat dilihat dari nilai tingkat capaian perkembangan anak dari prasiklus sampai siklus ll. Pada prasiklus anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak atau 20% dari 10 anak, pada siklus l anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 5 anak atau 50% dari 10 anak, dan meningkat lagi pada siklus ll anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 8 anak atau 80% dari 10 anak. oleh karena itu, dapat disimpulkan dari hasil penelitian kemampuan berfikir logis melalui smart look book dapat meningkat pada setiap siklusnya. Karena dari hasil siklus ll sebanyak 8 anak atau 80% yang dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dimana sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu sebanyak 75% sehingga penelitian sudah dikatakan berhasil.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pembahasan. Jakarta: Bhineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.
Ilyas, S. N., Amal, A., Asti, A. S. W., & Hajerah, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-16.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2019). Psikologi pendidikan; teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran.
Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335-342.
Pendidikan, P. M., & Nomor, K. R. I. (2014). 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rahmadhani, E., & Surbakti, A. H. (2022). Analisis kemampuan berpikir logis anak usia dini melalui permainan Montessori. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5079-5090.
Seviyanti, I. H., Hasyim, A., Wetty, S., & Nyoman, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Kegiatan Bermain Lampung University].
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.