Membatik Ecoprint untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1767Keywords:
Ecoprint ; Kemampuan Motorik HalusAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motorik halus anak masih kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan kertas sebagai media, terlihat pada kegiatan menggambar dan mewarnai saja. Masalah lainnya juga terlihat saat guru menginstruksikan anak untuk menulisakan namanya, terlihat anak masih kesulitan dalam menggenggam alat tulis seperti pensil dengan benar. Pada saat pebelajaran berlangsung seperti kegiatan menggunting terlihat beberapa anak masih belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, dan keseluruhantubuh secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik ecoprint terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di PAUD Melati 2 Kota Jambi 9 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar ?23,3? t hitung > t tabel 2,306 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 4,24 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian membatik ecoprint dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
References
Arminawati, A., Subhananto, A., & Salmiati, S. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Belajar Dirumah Di Tk Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1). Https://Jim.Bbg.Ac.Id/Pendidikan/Article/Download/311/148
Aryani, I. K., Wijarnako, B., & Purwandari, R. D. (2022). Tekhnik Eco Print Ramah Lingkungan Berbasis Ekonomis Kreatif Dalam Upaya Menciptakan Sdm Masyarakat Mandiri Pasca Pandemi/Covid 19 Untuk Anggota Pimpinan Ranting Aisyiyah (Pra) Desa Karang Cegak Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.32815/Jpm.V3i1.461
Aulina, C. N. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
D. S., B. W., & Alvin, M. A. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan. Https://Doi.Org/10.54911/Litbang.V17i0.101
Depdiknas. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Demographic Research. Bisnis Ritel - Ekonomi
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Pentingnya Calistung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.5875
Dwiputri, S. W. (2023). Penggunaan Teknik Ecoprint Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. 1–23.
Faridatun, F. (2022). Ecoprint; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 230.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Febrianingsih, R. (2014). Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Aba Kelompok B Se-Kecamatan Minggir Sleman Yogyakarta. World Health Organization, World Bank Group, Oecd, July, 1–100. Http://Elibrary.Almaata.Ac.Id/1714/%0ahttps://Osf.Io/Yejcm/%0ahttp://Elibrary.Almaata.Ac.Id%0ahttps://Bmjopen.Bmj.Com/Lookup/Doi/10.1136/Bmjopen-2019-030624%0ahttps://Ppjp.Ulm.Ac.Id/Journal/Index.Php/Jpkmi/Article/View/2758%0ahttp://Stikara.Ac.Id/Jupermik
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (Ed.); I, Issue April). Pustaka Ilmu.
Hariyati, S. B. (2020). Karakteristik Anak Usia Dini.
Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal Of Classroom Action Research, 5(1), 75–79. Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V5i1.2646
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Ejournal.Iaiig.Ac.Id?? Index.Php?? Warna?? Article?? Download
Kurnia, M. D., & Aulina, C. N. (2023). Improving Fine Motor Skills Through Batik Activities Using The Ecoprint Technique In Children Aged 5- 6 Years At ‘ Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Randegan Kindergarten [ Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Dengan Teknik Ecoprint Pada. 1–10.
Latifah, N., & Syahrul, I. (2023). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Tk Islam Cendikia. 4(1), 80–87. Https://Doi.Org/10.37216/Aura.V4i1.794
Mukti Amini. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–40.
Mutmainah, M., Astini, B. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Terhadap Keterampilan Sains Sederhana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2388–2392. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i4.1035
Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul, 4.
Oktaviana, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting. 144.
Prasetyo, S. A. (2016). Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi Dari Wilayah Dan Letak Geografis. Jurnal Imajinasi Seni, X(1), 51–60. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Imajinasi/Article/View/8816
Pratami, R. D. D. (2022). Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Pandemi Di Kecamatan Labuhan Ratu (Skripsi).
Purwani, S. (2022). Pelatihan Ecoprint Teknik Punding. 3(02), 184–191.
Rinasari, E. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Bathok Kelapa Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Banjarharjo Ii Kalibawang Kulon Progo. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Paud, Fip Uny, 5–24.
Ringan, Z. (2023). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Melalui Kegiatan Menggunting. 1–10.
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. Https://Doi.Org/10.24235/Equalita.V1i1.5161
Septiana, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Membatik Di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Kemiling Bandar Lampung. ??????, ? ????(?? ??????), ????????. Http://Search.Ebscohost.Com/Login.Aspx?Direct=True&Db=Sph&An=119374333&Site=Ehost-Live&Scope=Site%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Neuron.2018.07.032%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Tics.2017.03.010%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Neuron.2018.08.006
Sholichah, R., & Rahayu, E. (2023). Penerapan Teknik Ecoprint Sebagai Media Perkembangan Fisik Motorik Halus Siswa Paud Kelompok A. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 10, 71–79.
Simanungkalit, Y. S., & Syamwil, R. (2020). Fashion And Fashion Education Journal Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Limbah Mawar (Rosa Sp.) Pada Kain Katun. Ffej, 9(1), 90–98. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ffe
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, R&D Dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (Ed.); 3rd Ed.). Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Revi, 96–100. Https://News.Ddtc.Co.Id/Strategi-Pendidikan-Pajak-Untuk-Anak-Usia-Dini-11555
Sutrisno, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Jurnal Umj, 1–4.
Tama, N. A., & Handayani, H. (2021). Determinan Status Perkembangan Bayi Usia 0 – 12 Bulan. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur?: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 73. Https://Doi.Org/10.31602/Jmbkan.V7i3.5762
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Tresnarupi, R. N., & Hendrawan, A. (2019). Penerapan Teknik Ecoprint Pada Busana Dengan Mengadaptasi Tema Bohemian. E-Proceeding Of Art & Design, 6(2), 1954–1960.
Tri Rezeki, H. (2016). Keterampilan Meronce Anak Kelompok B Tk. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 109. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/78028241.Pdf
Utami, W. S., Indryani, & Azmi, I. F. (2023). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. 9(1), 9–17.
Wia, L., Kurniati, A., & Saleh, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Ecoprint Di Tk It Al-Kubra Kelurahan Wanci Kabupaten Wakatobi. Jurnal Lentera Anak, 1(2), 1–6. Http://Www.Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Jla/Article/View/924&Ved=2ahukewirj-Ps3s3tahxhb30khx9yaeiqfjaaegqiaxab&Usg=Aovvaw2azpwq9al_Kogbwjdow4l_
Wicaksana, A. (2016). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak- Kanak Kemala Sukarame Bandar Lampung. In Https://Medium.Com/. Https://Medium.Com/@Arifwicaksanaa/Pengertian-Use-Case-A7e576e1b6bf
Widiyastuti, A., & Hermawan, R. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jpp Paud Fkip Untirta, 9(1), 1–10. Http://Ejournal.Iaiibrahimy.Ac.Id/Index.Php/Alihsan/Article/View/637%0ahttps://Ejournal.Iaiibrahimy.Ac.Id/Index.Php/Alihsan/Article/Download/637/391
Wilda, S., Putri, D., Marlisa, W., & Arifin, Z. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Teknik Ecoprint. Paud Lectura: Journal Of Early Childhood Education, 6(2), 82–91. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V
Winarsih. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 28.
Yulia, N. K. H., Agung, A. A. G., & Putra, I. M. (2013). Penerapan Model Explicit Instruction Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(3), 3.
Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B Ra Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Pinus, 2(2), 118–123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

