Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Cooking Class
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1766Keywords:
Cooking Class ; Kemampuan Motorik HalusAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motorik halus anak masih kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan kertas sebagai media, terlihat pada kegiatan menggambar dan mewarnai saja. Masalah lainnya juga terlihat saat guru menginstruksikan anak untuk menulisakan namanya, terlihat anak masih kesulitan dalam menggenggam alat tulis seperti pensil dengan benar. Pada saat pebelajaran berlangsung seperti kegiatan menggunting terlihat beberapa anak masih belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, dan keseluruhantubuh secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan cooking class terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di PAUD Melati 2 Kota Jambi 9 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar ?22,3? t hitung > t tabel 2,306 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 4,71 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian kegiatan cooking class dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
References
abdurrahman. (2022). Attractive?: Innovative Education Journal. Students’ Difficulties At Elementary School In Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. Https://Doi.Org/10.33369/Jip.3.1.24-33
Aliyah, H. (2020). Motorik Halus Melalui Kegiatan Cooking Class Pada Anak Kelompok B Tk An-Nur Rowosari Meteseh Boja Tahun 2019.
Arminawati, A., Subhananto, A., & Salmiati, S. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Belajar Dirumah Di Tk Kelompok B Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1). Https://Jim.Bbg.Ac.Id/Pendidikan/Article/Download/311/148
Babys, I. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kristen Permata Sentani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13922–13929. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i3.4807
Cahyaninda, P. P. (2021). Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Paud Nabiilah Bandar Lampung Skripsi.
Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game For Improving Fine Motor Skills For Children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village In Salatiga. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i2.97
Depdiknas. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild?: Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. Https://Doi.Org/10.33578/Jpsbe.V10i1.7699
Hening Prastiwi, M. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jiksh, 10(2), 242–249. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.162
Hidayat, A. A. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Health Books Publishing.
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Ii, B. A. B., Anak, A. P., & Perkembangan, P. (2017). Kajian Teori Perkembangan Anak. 12(1), 13–36.
Karmila, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Polaris Di Kelompok A Tk Muslimat Nu Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Audiensi: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 36–49. Https://Doi.Org/10.24246/Audiensi.Vol1.No12022pp36-49
Kementrian Pendidikan Nasional Ri. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. Https://Portaldik.Id/Assets/Upload/Peraturan/Permen Kemendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Pdf
Kurnia, M. D., & Aulina, C. N. (2023). Improving Fine Motor Skills Through Batik Activities Using The Ecoprint Technique In Children Aged 5- 6 Years At ‘ Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Randegan Kindergarten [ Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Dengan Teknik Ecoprint Pada. 1–10.
Maharani, N., Istiyati, S., & Palupi, W. (2019). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(3), 338. Https://Doi.Org/10.20961/Kc.V7i3.37614
Marlina, S. (2023). Ar-Raihanah?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 1 Juni 2023 , Pages 44-53 Issn?: 2830-5868 ( Online ); Issn?: 2614-7831 ( Printed ); Pengaruh Bermain Playdough Melalui Youtube Terhadap Perkembangan Motorik Halus Di Taman. 3, 44–53.
Maulana, A., Yuniarti, N., Hikmah, R. N., Rusmana, & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2a), 1–9.
Mia. (2022). Pendidikan Islam Dan Keagamaan Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(4), 351–371. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Eduriligia/Index
Mukti Amini. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–40.
Musi, M. A., , S., & , M. (2017). Kontribusi Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 35–42. Https://Doi.Org/10.29313/Ga.V1i2.3315
Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul, 4.
Putri, R., Maghfiroh, Jumiatmoko, R., Hafidah, & Eka Nurjanah, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322. Http://E-Journal.Hamzanwadi.Ac.Id/Index.Php/Jga/Article/View/3705
Rasid, J. (2020). Kajian Tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 82–91. Https://Doi.Org/10.33387/Cp.V2i1.2041
Refiani, D. (2019). Ahmad Susanto, Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta:Kencana,2015),43 1 9. 9–45.
Skl Permendikbud 5 Tahun 2022. (2022). Gastronomía Ecuatoriana Y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, R&D Dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (Ed.); 3rd Ed.). Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Revi, 96–100. Https://News.Ddtc.Co.Id/Strategi-Pendidikan-Pajak-Untuk-Anak-Usia-Dini-11555
Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. In Solar Energy Research (Vol. 3, Issue 1). Unj Press. Https://Doi.Org/10.1163/_Q3_Sim_00374
Suparyanto Dan Rosad (2015. (2020). Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak. In Suparyanto Dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/120581bb-B3dd-3dec-9f7c-3c1a41a27e6b/?Utm_Source=Desktop&Utm_Medium=1.19.8&Utm_Campaign=Open_Catalog&Userdocumentid=%7b1a95ff22-Ec10-40f4-9c87-1d95902690ab%7d
Suryani, A. (2019). Bab Ii Tinjauan Pustaka 2.1 Perkembangan Motorik Halus 2.1.1 Definisi Perkembangan Motorik Halus.
Sutrisno, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Jurnal Umj, 1–4.
Tri Rezeki, H. (2016). Keterampilan Meronce Anak Kelompok B Tk. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 109. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/78028241.Pdf
Wahyuni, S., Efastri, S. M., & Fadillah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Melati Pekanbaru Pg Paud Fkip Unversitas Lancang Kuning Pg Paud Fkip Unversitas Lancang Kuning Email?: Seanmarta@Unilak.Ac.Id Pg Paud Fkip Unversitas Lancang Kun. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 61–72.
Widiyono, A. (2022). Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab. Pratama Widya?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 59–68. Http://Ojs.Uhnsugriwa.Ac.Id/Index.Php/Pw
Yelvita, F. S. (2022). Meningkatkan Minat Anak Dalam Makanan Bergizi Melalui Cooking Class Berbahan Dasar Ikan Di Tk Sriwijaya Bandar Lampung Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

