Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perilaku Prososial Tema Alam Semesta pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Islam AN-Nizham Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1758Keywords:
Game Multimedia Interaktif, Perilaku Prososial, Tema Alam Semesta.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran game multimedia interaktif untuk menstimulasi perilaku prososial tema alam semesta pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam AN-Nizham Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data adalah angket. Data diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Pada uji kelayakan Game Multimedia Interaktif diperoleh hasil dari validasi ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali. Validasi pertama diperoleh skor 45 dengan hasil 93,75%. Validasi kedua, diperoleh skor 48 dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 kali. Tahap validasi pertama diperoleh skor 47 dengan hasil 97,92%. Validasi kedua, diperoleh skor 48 dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik dan dinyatakan layak tanpa revisi. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket yang disebarkan kepada responden yaitu guru berjumlah 4 orang diperoleh hasil persentase 85,55% sehingga dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil pengembangan Game multimedia interaktif untuk menstimulasi perilaku prososial tema alam semesta pada anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam An-Nizham Kota Jambi dapat dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendapat respon positif dari responden dengan hasil kategori sangat baik.
References
Amalia, R., et al. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3). 1501-1513.
Amini, Y., & Ipah., S. (2016). Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. E-Journal EPI. 3(2).222-230.
Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arnada, Z.,E., et al. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis. 1(5). 393-400.
Ayu, N., K & I.B. Surya, M. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 9(2). 194-201.
Cahyadi, Rahmat. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal. 3(1).
Dewi, I. G. A. B. S., & Ganing, N. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Dua Dimensi Pada Muatan Bahasa Inggris Materi Pengenalan Kosa Kata. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 81-87.
Dianita, S., et al. (2020). Pengaruh Project Based LearningTerhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 5(9). 1277-1283.
Diningsih, A., & Naniek Sulistya Wardani. (2021). Pengembangan Game Mari Belajar untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Pembelajaran Tematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.3(2). 539-548
Faridah, N. (2021). Implementasi Teknik Modeling untuk Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. JURNAL LENTERA ANAK, 2(02).
Fatmawati, dkk. (2021). Pembelajaran Tematik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fauzi, A., et al. (2021). Pelatihan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Dan Siswi Smp Bina Mulia. Jurnal Abdi Masyarakat. 2(2). 24-32.
Fikri, H., & Ade S., M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Hewi, La. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Dadu Di RA An-Nur Kota Kendari. Jurnal Paudia. 9(1), 72-82.
Hidayati, Sri. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Kanaka Media
Husna, W., Fahmi, R., & Kurniawan, R. (2019). Hubungan kebersyukuran dengan perilaku prososial pada mahasiswa. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 179-188.
Indrawan, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.Jawa tengah: Pena Persada.
Indriyani, I., et al. (2022). Pemanfaaatan Microsoft PowerPoint dalam Membuat E-book untuk Mendukung Pembelajaran di Era 5.0. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran). 1(2). 89-96.
Juanda, Anda. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu Teori & Praktik Pembelajaran Teatik Terpadu Beorientasi Landasan Filosofis Psikologis dan Pedagogis. Cirebon: CV Confident.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kobi, M. A., Koniyo, M. H., & Yusuf, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 1-9.
Kushernanda, N. R., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Perilaku Prososial Remaja: Bagaimana Peran Kelekatan Orangtua? Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(1), 32-40.
Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3992?show=full
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah. 14(1). 1-12.
Megawati, E & Herdiyanto, Y. K. (2016). Hubungan antara perilaku prososial dengan psychological well-being pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1).
Mukaromah, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis di TK Jogja Green School). In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 4, pp. 397-404).
Munawaroh, H, et al. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). 1164-1172.
Mustofa, dkk. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Najuah et al. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Nur F, L, A. (2022). Teori Dasar Memahami Perilaku. Tulungagung: Geupedia.
Paggara, Hamzah., et al. 2022. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 191–203.
Rahmawati, I. (2022). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rejekiningsih et al. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Potensi Lokal Untuk Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. 9(2). 167-185
Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452-465.
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 51-61.
Salsabila, U. H. & Agustian, N., (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.
Saputra, B. (2021). Best Pratice Penelitian Pengembangan (Research Deveploment) bidang Manajemen IPA. Lamongan: Academia Publication.
Sari, N. K. D. M. W., Mayuni, D., & Ambara, D. P. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Tema Alam Semesta Sub Tema Benda Langit Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2).
Setiyanto, S. (2023). Pandangan Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Dokumentasi Kebidananmenggunakan Classpoint. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 5(1), 69-78.
Shadiqi, M. A. (2018). Perilaku Prososial. Dalam A. Pitaloka, Z. Abidin, & M. N. Milla (Eds.), Buku psikologi sosial, pengantar teori dan penelitian (227-260). Jakarta: Salemba Humanika.
Sofyan, Hendra. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peingkatannya. Jakarta: CV Informedika.
Solietijadi et al. (2022). Desain Pembelajaran Alam Semesta Anak TK Menggunakan AR Dengan Tehnik Markerless. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis. 15(1). 105-112.
Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2020). Analisa pembelajaran tematik dalam pendidikan anak usia dini. Satya Widya, 36(1), 64-76.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukayat & Wulandari, S. (2019). Pembelajaran Tematik di SD. Sleman: PPPPTK Matematika.
Sukayati, S., & Sri, W. (2019). Pembelajaran tematik di SD.
Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.
Surjono, Herman, D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.
Syah, M, A & Hadi., I. (2022). Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Cerita Anak Di Youtube. JCE (Journal of Childhood Education). 6(1). 236-248.
Tegeh, I, M., et al. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Watri, Gimin., & Suarman. (2023). Desaian dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Pekannbaru: Taman Karya.
Wibawanto, Wandah (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulat Kreatif.
Widyastuti, R & Listia S. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Jurnal Informatika dan Komputer. 22(1). 95-100.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media, 195.
Wulandari, E., Putri, I. A., & Napizah, Y. (2022). Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 1(2), 102-108.
Yulianti, A & Ekohariadi. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU. 5(1).527-533.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

