Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Tema Pekerjaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jambi

Authors

  • Dyah Nur Azizah Rois Universitas Jambi
  • Hendra Sofyan Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1757

Keywords:

Game Multimedia Interaktif, Perkembangan Motorik Halus, Tema Pekerjaan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa game multimedia interaktif untuk menstimulasi perkembangan motorik halus tema pekerjaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metodee pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi 2 Jambi pada April 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada ahli media, ahli materi, dan guru TK Pertiwi 2 Jambi. Setelah angket ini dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali, validasi pertama mendapatkan skor 40 dengan presentase sebesar 83,3%. Validasi kedua memperoleh skor 48 dengan presentase 100%. Selanjutnya validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 kali. Validasi pertama memperoleh skor 47 dengan presentase  sebesar 97,91%. Validasi kedua memperoleh skor 48 dengan presentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan dapat diuji cobakan  serta analisis angket responden pada subjek uji coba sebanyak 9 guru di TK Pertiwi 2 Jambi memperoleg presentase % dengan kesimpulan sangat baik dan layak digunakan.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pnedekatan Praktik. JakRT: Rieka Cipta.

Ariyana, R.Y. 2022. Pengantar Sistem Multimedia. Yogyakarta: Akprind Press.

Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press, 1-186.

Bong, E. Y., & Chatterjee, C. 2021. “The Use of a ClassPoint Tool for Student Engagement During Online Lesson”. Journal of The International Academic Forum. Singapore.

Fatmawati, F.A. 2020. Pengembangan Fisik Motorik. Gresik: Caremedia Communication.

Fikri, H. & n Ade Sri Madona. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Haliza, N., Vani Hajari, Ulfah Amirah Khairi, Mhd Dimas Jayadi & Nurbaiti. 2022. “Pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan”. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Vol.2, No.2: 2803-2811.

Huda, A. & Noper Ardi. 2021. Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: Penerbit UNP Press.

Indrawan, I., Hadion Wijoyo, I Made Arsa Wiguna & Edi Wardani. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Banyumas Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pengembangan Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Profesi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Khadijah dan N Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: KENCANA.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.

Makhmudah, S., F.S. Anggraini, & A. Amalia FN. 2020. Perkembangan Motorik AUD.

Mustofa, D., dkk. 2018. Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Najuah, Ricu Sidiq & Reny Sabrina Simamora. 2022. Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pagarra, H. Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto & Sayidiman. 2022. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Pohan, J.A.E. 2020. Pendidikan Anank Usia Dini (PAUD): Konsep dan Pengembangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada (Anggota IKAPI).

Pratiwi, N.K.A. & Luh Ayu Tirtayani. 2021. “Multimedia Interaktif Subtema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol.9, No.2: 186-193.

Rahayu, M., Isti Rusdiyani & Fadlullah. 2022. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Menstimulasi Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun”. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.8, No.2: 17-31.

Reswari, A. dkk. 2022. Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak (Child Physical and Motorik Development). Sumatera Barat: Penerbit. CV. Azka Pustaka.

Sanenek, A.K., Nurhafizah & Dadan Suryana. 2023. “Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.7, No.2: 1391-1401.

Sanjaya, R., Aprilia Ratna Christanti & Michael Satrio Prayogo. 2017. Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, A.B. 2021. Buku Ajar Aplikasi Komputer. Manado: IAIN Manado Press.

Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 455-470.

Sit, Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I. Medan: Perdana Publishing.

Sofyan, H. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. Infomedika.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamti, E.R. 2018. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY Press.

Sundari, D.H., Iskandar & Muhlis. 2021. “Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol.3, No.3: 1-9.

Surjono, H.D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryana, D. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Prenadamedia Group.

Tadjuddin, N. 2014. Desain Pembelajaran Pendidikan Ank Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini). Bandanr Lampung: Aura Printing & Publishing (Anggota IKAPI).

Tegeh, I. M., I Nyoman J dan Ketut P. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ulandari, S., Hukmi & Febrialismanto. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Maze Trap Game untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam As-Shofa Kota Pekanbaru”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol.3, No.2: 367- 374.

Wibawanto, W. 2020. Game Edukasi RPG (Role Playing Game). Semarang: Penerbit LPPM UNNES.

Wulandari, A.D., Sri Sumarni & Yetty Rahelly. 2018. “Pengembangan Game Maze Berbasis Media Interaktif Sesuai Tema untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Izzudin Palembang”. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.7, Ed.1: 81-92.

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Rois, D. N. A. ., Sofyan, H. ., & Muazzomi, N. . (2025). Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Tema Pekerjaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 9(1), 14–20. https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1757

Issue

Section

Articles