Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Tema Air, Api, dan Udara pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Taruna Sakinah Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v9i1.1756Keywords:
Game Multimedia Interaktif ; Perkembangan Bahasa ; Tema Air ; api ; udaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa game multimedia interaktif untuk menstimulasi perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Taruna Sakinah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang dipakai adalah ADDIE. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan analisis data Kuantitatif dan Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Taruna Sakinah Kota Jambi pada April 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada ahli media, ahli materi, guru TK Taruna Sakinah Kota Jambi sebagai responden. Data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan oleh ahli media dilkukan sebanyak 2 kali memperoleh skor 47 dengan persentase sebesar 97,9% kategori sangat baik dan yang ke 2 memperoleh skor 48 dengan persentase 100% dapat diujicobakan. Sedangkan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali mendapat skor 42 dengan persentase 87,5% kategori sangat baik dan yang ke 2 memperoleh skor 100% dapat diujicobakan. Untuk angkat responden yang di isi oleh 9 guru TK Taruna Sakinah Kota Jambi memperoleh skor 1.443 dengan persentase 90,1% kategori sangat baik.
References
Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.
Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3
Cristy, Y. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak. 3(2).
Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439
Dwi Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. In Teknik Komputer (Vol. 2, Issue 1).
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959
Haliza, N., Hajari, V., Amirah Khairi, U., Dimas Jayadi, M., Kom, M., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Precut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara Korespondensi Penulis, S. (2022). Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2803–2811.
Jamilah, N., Sofyan, H., & Muazzomi, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Daring Pada Era Covid-19 Berbasis Sentra Persiapan Development of Online Learning Video in the Covid-19 Era Based on the Preparation Center. Jurnal PAUD Emas, 1(1), 1–9.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/Permen Kemendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.pdf
Kurniawan, A. dkk. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini.
Mathematics, A. (2016). Konsep Paud.
Munir. (2015). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan (Issue 1).
Murgiyanti, M. (2023). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Almawaddah Semarang. 1(2).
Nasution, R. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(1), 111–128. jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id?? index.php?? raudhah?? article
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865
Purnomo, I. I. (2020). Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(2), 86. https://doi.org/10.31602/tji.v11i2.2784
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi?: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.
Sofyan, H. (2016). The Increase of Early Childhod’s Motoric Development with Thematic Approach. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.15294/ijeces.v5i1.10223
Sofyan, H. (2018). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik Hendra. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1).
Vit Ardhyantama, C. A. (2020). Perkembangan Bahasa Anak.
Winaryati, E. et. al. (2021). Cercular Model of RD & D.
Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Zubaidah, E. (2015). Draft Buku Pengembangan Bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

