Pengembangan Video Pembelajaran Sentra Persiapan Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Kota Jambi

Authors

  • Shelvira Amanda Putri Universitas Jambi
  • Hendra Sofyan Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1754

Keywords:

Pengembangan ; Video Pembelajaran Sentra ; Kearifan Lokal ; Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon guru terhadap Video Pembelajaran Sentra Persiapan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Kota Jambi. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan video pembelajran berbasis Sentra Persiapan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE (Analysis/ Analisis, Design/ Perancangan, Development/ Pengembangan, Implementation/ Implementasi, and Evaluation/ Evaluasi). Jenis data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Dalam penelitian pengembangan ini, instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan angket tertutup. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu media dinyatakan dalam kategori layak untuk diuji cobakan pada tahap implementasi dikarenakan pada validasi materi diperoleh presentase 90%, maka ini menunjukan kriteria yang sangat baik. Begitu pula dengan validasi desain media yang memperoleh presentase 98,75 %, maka ini menunjukan kriteria yang baik. Dengan demikian hasil dari validasi video pebbelajaran telah dikatakan layak untuk diujicobakan.

References

Agustania, A. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 19. https://core.ac.uk/download/pdf/33522845.pdf

Alif, A., & Wulantika, W. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan. Hlm, 29–38.

Asfiana. (2023). Pengembangan Video Sumber Belajar Berbasiskearifan Lokal Di Min 29 Aceh Besar.

Asmawati, L. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Issue September).

Asmawati, L. (2009). Ruang Lingkup Pengelolaan Kegiatan di Lembaga PAUD. Modul 1 Ruang Lingkup Pengelolaan Kegiatan Di Lembaga PAUD, 1(4407), 1.2-1.54. http://repository.ut.ac.id/4719/1/PAUD4407-M1.pdf

Damayanti, E. P. N. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Pada Sentra Imtaq Di Play Group Genus (Generasi Nusantara) Purwokerto.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Hendra Sofyan, Evita Anggereini, J. S. (2019). Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137–1143.

Hermansyah, H. (2019). Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. NUR EL-ISLAM?: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan,6(1),108–127.

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92.

Irawan, T. S. dan E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. DEEPUBLISH.

Made, N., Aryanti, W., Suarni, N. K., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Bcct ( Beyond Center and Circle Time ) Berbantuan Media Benda Sederhana. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Mandasari, E. (2013). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Bcct Sebagai Upaya Peningkatan Multiple Intelligences Pada Anak Usia 2- 4 Tahun Di Paud Az- Zahrah Surabaya Eka Mandasari. Pendidikan Luar Sekolaah, 1(1), 1–9.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. KENCANA.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (n.d.). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers and Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In 2006.

Novi, fatkhiyatul muyassaroh. (2018). Implementasi Pembelajaran Sentra Balok Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Pulosari 01 Tahun Ajaran 2017/2018. Energies, 6(1), 1–8.

Nurlinayati, Muhamad Ali, D. M. (2015). Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usi 5-6 Tahun Di Tk Nurlinayati, Muhamad Ali, Dian Miranda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,Jurnal Untan, 1–11.

Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & Fitriana, E. H. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.

Permen Kemendikbud. (2014). Standar Nasional Penilian PAUD No. 137. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006.

Punaji Setyosari. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 58–63.

Rahmawati, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Sentra Persiapan Di Tk Aba Al Wafa Yogyakarta. Skripsi.

Rahmawati, E., Fauziah, D. N., & Syarfida, R. (2022). Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 180. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1079

Riski, A. L. (2021). Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kaliwates Kabupaten Jember Kelompok A2 Di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

ROHANA. (2021). Pengembangankelompok Bermain “ Penerapan Model Pembelajaran BCCT ( Sentra Imtaq , Bermain Peran Kecil dan Besar ) ” Yayasan Nurul Islam ( YASNI ).

Rosul, W. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Persiapan Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember Skripsi Oleh?: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan September 2020. September.

Rosyidah, A. (2021). Strategi Guru Sentra Persiapan Dalam Mengenalkan Membaca Permulaan Anak Kelompok A Di TK Islam Plus Qurrota A’yun Ceria. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/32389%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/32389/1/16160031.pdf

Sefriyanti, S., & Diana, R. R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Multiple Intellegensi Anak Usia Dini di RA Azzahra Lampung Timur. Jurnal Raudhah, 9(2).

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (4th ed.). KENCANA.

Sofiyah, A. S. K. (2022). Menumbuhkan Kearifan Lokal Pada Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 20(1), 105–123.

Sri Mulyani. (2018). Model Pembelajaran Sentra Di Tk Al Irsyad Lemahabang Cirebon.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (p. 444).

Suryana, D. (2018). Pendidikan anak usia dini?: stimulasi dan aspek perkembangan anak. Prenadamedia.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

TAMIN, W. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Metode Sentra. Jurnal AKRAB, I(31), 72–82.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan.

Ulya, T., Qori’ah, W., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 89–103. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Weyara, S., & Saputri, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Iman. 1(1), 18–25.

Widya, S. P., Aqidah, J. H. N., Rahmawati, L. P., & ... (2021). Inovasi Pembelajaran Sentra Balok Dengan Penunjang Permainan Tradisional Berbasis Teknologi Di Tk/Kb Salahudin Kota …. Journal.Ittelkom-Sby.Ac.Id, 219–234. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/download/133/79

Yanna Putri, R., Ridwan, I., & Hasdiansyah, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Sentra Persiapan di PAUD Melati Kota Parepare. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(2), 184–193.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Yuliani Nurani. (2019). Sentra persiapan baca tulis?: pergi ke pasar. Indocamp.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Putri, S. A. ., Sofyan, H. ., & Muazzomi, N. . (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Sentra Persiapan Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 342–350. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1754

Issue

Section

Articles