Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 3 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1753Keywords:
Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) ; Pola Asuh Orang TuaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di lapangan, yang menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara pola asuh orang tua dalam keterlambatan berbicara anak atau speech delay yang terjadi pada anak usia 3 tahun. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak yang mengalami keterlambatan berbicara dibanding dengan anak-anak seusianya, yang di temukan peneliti pada saat pengamatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah anak speech delay berusia 3 tahun dan orang tua anak.Teknik pengambilan data dengan pengamatan atau observasi. instrumen yang digunakan pedoman observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara pola asuh orang tua dengan keterlambatan berbicara (speech delay) yang dialami anak usia 3 tahun dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua anak yang menjadi subjek penelitian ini menerapkan pola asuh yaitu pola asuh permisif di rumah, yang mengakibatkan kurang mampunya anak dalam berbicara.
References
Aisyah Isna. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al- Athfal, 2(2), 62- 69.
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.
Anisah, Ani. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 05 No.01.
Aprilastuti. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan, 4(1), hlm. 1-14
Ardiansyah Muhammad, (2020). Perkembangan Bahasa Dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara ( Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Kota Baru: Guepedia
Armanila, 2019. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak 1(2): 63
Astikasari, N. D., & Weto, I. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32-42.
Azizah, U. (2017). Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Perkembangan Bicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2),281-297
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, (Komunikasi,Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainya), (Kencana Prenada Media Grup, 2013), Cet.VII, h. 132.
Danial P. (2009). Exceptional Learners An Introduction To Special Education. (8th ed). Person.
Dariyo, A. (2004). Psikologi Pengembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4(1),2433–2441. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index. php/senasif/article/view/324
Dewi Salma dan Eveline, (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta
Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian., h. 102.
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104-110.
Fitriani, (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membangun Karakter Anak Dilingkungan Masyarakat Awang-Awang Kabupaten Pinrang. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makasar.
Fitriyani, F., Sumantri, M. S., & Supena, A. (2019). Language development and social emotions in children with speech delay: case study of 9 year olds in elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/130600
Gunarti, H., Lestari, D., Si, M., & Pd, M. (n.d.). KABUPATEN MADIUN Lisyona Pangestuti. 3, 1–9.
Gusdi Sastra. Neurolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta, 2011.
Hardini, R. N. C., Sofia, A., & Irzalinda, V. (2019). Analisis Deskriptif Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Bicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Harianto, (2020). Metode Bertukar Gagasan Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Vol 9(4)
Hasanah, U. (2016). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Elementary , 2(2), 72–82.
Hasnawati, H. (2013). Pendidikan Akhlak Dalam Pola Asuh Orang Tua. None, 28(3), 439–454
Hurlock, EB. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (1999). Hurlock, E.B. 1999. Chlid Development Jilid II, terjemahan, Jakarta: Erlangga (II; Tjandrasa, ed.). Jakarta: Erlangga.
Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.
Joni, J. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-48.
Juharta, Y. nur fatimah, Tjalla, A., & Hidayat, dede rahmat. (2015). Belajar Dilihat Dari Pola Asuh Authoritative , Authoritarian Dan Permisif. Insight Jurnal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/INSIGT. 041.18
Khoiriyah, (2016) Astikasari, N. D., & Weto, I. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32-42
Khasanah & Fauziah, (2021) pola asuh ayah dalam prilaku prososial anak usia dini.
Kurniasari, (2019). Early Detection Of Speech Delay And Family Factors. Journal Of Public Health in Africa, 10 (s1), 152-153.
Kurniasih, (2019) Pelatihan Kegiatan Market Day Bagi Guru TK Di Kecamatan Prinsewu Lampung. Jurnal Pengapdian Masyarakat, Vol.1(2).
Maduratna, E. S. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler. NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN: 2085-5931 e-ISSN: 2623-2871, 10(2), 7-14.
Madyawati Lilis,(2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana
Mahmudianati, N., Ariani, M., & Hestiyana, N. (2023). Kejadian Speech Delay Pada Balita Dengan Kecemasan Orang Tua Pada Anak Speech Delay di RSUD Ulin Banjarmasin. Journal of Health (JoH), 10(1), 019- 029.
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). SOSIAL ANAK ( Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018 ). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115–122. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/Yaa Bunayya/article/view/5568
Motandang, C. E. H. (2019). Analisis Gangguan Berbicara Cadel. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59
Mulia, S., Mahmudianti, N., Ariani, M., & Hestiyana, N. (2023). Journal of Health (JoH) 1. 10(1), 19–29.
Nasution, Metodologi Research: Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), Cet XIII, h. 143.
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v1i 1.46054
OksitosinRohmah, M., Astikasari, N. D., & Weto, I. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v5i1. 358
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153-163.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115-122.
Rachmawati dan Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Rohayani. (2023). Pola Asuh Permisif Dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini ( Teori dan Problematika). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5(1)
Rohimah, Y., & Diana, R. R. (2022). Analisis Faktor Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Anak Usia 6 Tahun. Js (Jurnal Sekolah), 6(4), 9-15.
Rohmah, M., Astikasari, nita dewi, & Weto, iriyanti. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v5i 1.358
Rumanti M.A. (2002). Dasar-Dasar Publich Realtion Teori Dan Prakik. Jakarta: PT. Garsindo.Slamet A dan Sutopo Y.E.2017. Statistika Inferensial. Yogyakarta:ANDI.
Santrock W., John. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika Dalam Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara ((Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini,1(1):36-45.
Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
Setyonegoro, (2013). Hkikat, Alasan, dan tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). FKIP Universitas Jambi, Vol 3(1).
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Suci, J. (n.d.). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa anak usia dini.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung, Alfabeta.
Sundari. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Tanjung, P. S., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380- 3386.
Tarmuji, (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Agresifitas Remaja. (Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 037, Tahun ke-8)
Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992–4002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i 5.2494
Tridhonanto. ( 2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Ulfatun Azizah. (2017). Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281– 297.
Uyuni, Y. R. (2019). Konsep pola asuh orang tua dalam perspektif islam terhadap tumbuh kembang anak dalam keluarga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 53-62.
Wijayaningsih, L. (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Speech Delay (Studi Kasus Di Homeschooling Bawen Jawa Tengah). Satya Widya, 34(2), 151-159.
William L, H. (2013). Exceptional Children: an introduction to special education (William I. heward (ed); 10th edition).
Yusuf. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.