Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Dimensi Bernalar Kritis pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kirana Kota Jambi

Authors

  • Sri Otari Universitas Jambi
  • Uswatul Hasni Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1748

Keywords:

Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila ; Bernalar Kritis ; Pembelajaran Anak Usia 5-6 tahun

Abstract

Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, salah satunya adalah bernalar kritis. Dimensi ini bertujuan agar anak mampu memperoleh dan memproses informasi, menganalisis serta mengevaluasi penalaran, dan merefleksi pikirannya sendiri. Namun, kemampuan bernalar kritis anak usia 5–6 tahun di TK Kirana Kota Jambi masih belum berkembang optimal, terlihat dari rendahnya partisipasi dalam diskusi dan kesulitan mengungkapkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari tiga guru kelas TK Kirana Kota Jambi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bernalar kritis mulai diterapkan melalui keberanian anak mengajukan pertanyaan dan menyatakan pendapat. Namun, pada aspek menganalisis dan mengevaluasi penalaran, anak masih menunjukkan keterbatasan dalam mengolah informasi secara mandiri. Oleh karena itu, perlu strategi pembelajaran yang lebih aktif dan kontekstual untuk mengembangkan keterampilan bernalar kritis anak usia dini.

References

Amahorseya, M. Z. F. A., Artha, I. K. A. J., & Yulianingsih, W. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 640-650.

Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 239.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=id &lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fn &pg=PA1&dq=latihan+soal+sebagai+ bahan+evaluasi+guru&ots=6uCMKht GVL&sig=O5U24NASw3MGI3m21o8 easpR3pQ

Arini, A. D. (2023). Integrasi Elemen Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Batu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Chresty (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 343-360. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.09.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Gunawan, B. I. (2017). Perbandingan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.

Kadafi, A., Anggriana, T. M., & Mahmudi, I. (2023). Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini melalui Permainan Bermuatan Nilai Ajaran Samin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2919-2928.

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), 1-11.

Kemendikbud Ristek. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lestari, E., & Wulandari, R. S. (2021). Membangkitkan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini Dengan Cinta Dan Cerdik. Qurroti, 3(2), 104-114.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.

Rachmawati, A. M., Nafiah, M., & N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4. 3237.

Rahmadayanti Dewi, Hartoyo Agung. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar”. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W., & Dini, U. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. AS-SABIQUN, 4, 115–131.

Saifuddin. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 23-35.

Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.44 56

Supriatna, I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 38-47. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/mad rosatuna/article/view/137

Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02),150–161. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.20

Yusrizal, & Fatmawati. (2020). Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik, 74– 80.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Otari , S. ., Hasni, U. ., & Utami , W. S. . (2025). Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Dimensi Bernalar Kritis pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kirana Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 323–329. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1748

Issue

Section

Articles