Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi

Authors

  • Adri Nurhasana Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1747

Keywords:

Metode hypnoteaching, Kecerdasan Emosional

Abstract

Salah satu karakteristik anak yang mengalami kesulitan emosi adalah memperoleh hasil belajar di bawah kemampuan akademik yang dimilikinya. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seperti kemampuan memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengandalkan dorongan hati dan tida melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar bebas dari stress, tida melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati, dan berdoa. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Jenis penelitian One Grup Pretest- Posttest Desain yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakukan. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh anak di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sample. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Subjek yang diambil sebagai sampel benar-benar merupakan subjek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat pada populasi, sehingga sampel yang diambil adalah kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yang bejumlah 17 orang, terdiri dari 9 anak perempuan dan 8 anak laki – laki. Alat analisis yang digunakan adalah analisis paired t test. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi Tahun ajaran 2023/2024 kecerdasan emosional anak lebih berkembang setelah diberikan treatment dengan menggunakan Metode Hypnoteaching. Hal ini bisa dilihat melalui hasil pengujian hipotesis bahwa nilai sig (0,00) < 0,05 maka menunjukkan terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 1,85 yang berada pada rentang tinggi 1,00 dengan interpretasi tinggi (Strong Effect).

References

Aji, W. K., dkk. (2018). IT’S SHOWTIME. Jakarta: PT. Grasindo

Aini., Dkk, (2018). Montase dan Pembelajaran (Montase Sebagai Pembangun Daya Fikir dan Kreativitas Anak Usia Dini). Ponorogo: Uwais Insirasi Indonesia.

Ananda, R. A. (2017). Invovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.

Ali, A. N. (2018). Hypnoteaching. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Citra. Beaty, J. (2017). Observasi Perkembangan Anak Usia Din. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Darmadi, H. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung. Erika, A. L., Sofia, A. & Irzalinda, V. (2022). “Pentingnya Kelekatan Ibu

Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5 – 6 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1): 9–16.

Goleman, Daniel. (2018). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books. Gottman, J dan DeClare, J. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Habibi, M. (2016). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Hasnida. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Hendra, Sofyan. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. INFOMEDIKA

Hurlock, E. B. (2019). Psikologi Perkembangan. Erlangga, Jakarta

Isma, A. (2017). Dahsyatnya Hypnosis Learning. Jakarta: PT Buku Kita. Kusdiyati, S. & Fahmi, I. (2019). Observasi Psikologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, H. E., dkk. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di TK PERTIWI DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol 1, No 2, Desember 2017.

Masruroh, A. (2018). “Konsep Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam. 6(1): 61– 87.

Mashar, R. (2019). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Noli, R. (2018), “Pengaruh Metode Hypnoteaching Simple Project Method Terhadap Perilaku Agresif Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Tk Saz Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru”. JOM FKIP. 5 (1)

Noer, M. (2018). Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia (PT Pustaka Insan Madani).

Oktaria, R. and Anggraeni, V. (2019). “Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5- 6 Tahun pada Lembaga PAUD di Kota Bandung”. CR Journal. 02(02): 179– 194.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Alikasinya Disekolah/ Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Pertiwi, H. (2014). Hypnoteaching untuk PAUD dan TK. Yogyakarta: Diva Press

Pertiwi, H. (2017). Hypnoteaching Untuk PAUD dan TK. Yogyakarta: Diva Press. Permendikbud, No 137. Tahun (2014). Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramanda, D., Rini, R. and Oktaria, R. (2020). “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman KanakKanak”. Jurnal Pendidikan Anak. 6(2): 77–84.

Romdaniati, Afdlalia Nisfi (2022) Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Padelegan Pademawu Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

Shenefelt, P. D. (2017). Use of hypnosis, meditation, and biofeedback in dermatology. Clinics in Dermatology, 35(3), 285–291. DOI: 10.1016/j.clindermatol.2017.01.007.

Siregar, A. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.

Sitorus, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Kencana.

Susanto, A. (2017). Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, H. A. (2016). Peningkatan Perkembangan Emosi Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 No 2.

Tukiran, T., Dkk. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, R. (2018). “Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini”. ThufuLA. 6(1): 145–158.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sanjaya, W. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.

Supriadi. (2016). Statistika Inferensial Untuk Penelitian Pendidikan. Serang: UPI Kampus Serang.

Sri, W. L. (2023), “Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Kecerdasan Emosi Anak”. Jambura Early Childhood Education Journal, ISSN (p): 2654- 752X; ISSN (e):2716-2974, 5 (1), (12-) DOI:https://doi.org/10.37411/jecej.v5i1.1966

Sri, Retno H. (2022), “Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Tk Tahfidz Yarqi, Mustika Jaya, Kota Bekasi”. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (AJPP). 1(3). ISSN: 2963- 8933

Sukarnianti, M. Z. Dj. (2015). Using hypnoteaching strategy to improve students writing ability. Dinamika Ilmu, 15(2), 185-199

Wasmin, A. R. (2018). CD Interaktif Hypnoteaching, Pembelajaran Kelas Berbasis Hypnosis. Trustco Multimedia.

Wati, E. R., & Kusuma, S. (2016). Menjadi guru hebat dengan hypnoteaching metode memaksimalkan proses belajar mengajar dan melejitkan prestasi anak. Jakarta: Kata Pena.

Wiyani, N. A. (2018). Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Wibowo, Agus. (2018). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yustisia. (2019). Hypnoteaching Seni Ajar Mengekplorasi Otak Perserta Didik. Jogjakarta: Ar - Ruzz Media.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Nurhasana, A. ., Muazzomi, N. ., & Utami , W. S. . (2025). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Muaro Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 315–322. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1747

Issue

Section

Articles