Identifikasi Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1741Keywords:
Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Perencanaan Pembelajaran Tematik, Pendekatan saintifikAbstract
Berdasarkan Observasi yang dilakukan peneliti di RA Nurul Hikam menemukan bahwa berdasarkan keterangan Kepala Sekolah masih terdapat guru belum siap dengan hadirnya Kurikulum 2013. Letak ketidaksiapan guru adalah minimnya pengetahuan tentang kurikulum, rendahnya kreativitas, dan lambatnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah berkaitan dengan Kurikulum 2013. Selain iu latar belakang pendidikan guru yang belum sesuai. Hal ini menyebabkan para guru masih menggunakan pola pembelajaran lama yang bersifat langsung. Dampaknya adalah dalam proses pembelajaran, anak-anak hanya duduk diam mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Kondisi seperti ini berseberangan dengan semangat dasar Kurikulum 2013. Untuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Pada indikator Perencanaan Pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran menggunakan pembelajaran tematik pendekatan saintifik, tema yang digunakan dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi untuk setiap kelas dan semester, pembelajaran tematik memiliki hubungan kompetensi dasar dengan tema dan guru melakukan pemetaan pada pembelajaran tematik. Pada indikator Penerapan pembelajaran tematik dapat disimpulkan bahwa tersedianya sumber belajar yang memadai, penyelenggaraan pembelajaran tematik berjalan mudah dengan memanfaatkan sumber belajar dan guru membawa sumber belajar ke dalam kelas. Pada indikator Evaluasi Pembelajaran Tematik dapat disimpukan bahwa tingkat keterlibatan, minat dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran tematik sudah baik, terdapat peningkatan pemahaman dan penyikapan peserta didik terhadap substansi materi dan manfaatnya bagi kehidupan peserta didik sehari-hari dan guru sering mengumpulkan karya peserta didik selama kegiatan pembelajaran yang bisa ditampilkan dalam suatu paparan/pameran karya peserta didik. Sehingga dapat disimplkan bahwa Identifikasi pemahaman guru pendidikan anak usia dini terhadap perencanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik di Raudhatul Athfal Nurul Hikam Kabupaten Tanjung Jabung Barat termasuk dalam kategori baik.
References
Abdul Majid. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2014). Kamus Bahasa Indonesia lengkap. Surabaya: Apollo.
Depdiknas. (2007). Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Sinar Grafika.
Eliyati, N. (2019). Contribution of planning learning and teaching skills against PAI learning outcomes of state junior high school students in Medan City. Jurnal Ansiru PAI, 3(2).
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswar, S. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode lectures vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35–50. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362
Hill, W. F. (2019). Teori-teori pembelajaran: Konsepsi, komparasi, dan signifikansi (M. Khozan, Terj.). Bandung: Nusa Media.
Iskandar, S. (2019). Peningkatan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik. Jurnal Dewantara, 5(1), 153–168.
Juanda, A. (2019). Pembelajaran kurikulum tematik terpadu: Teori & praktik pembelajaran tematik terpadu berorientasi landasan filosofis, psikologis dan pedagogis. Cirebon: CV. Confident.
Kholilur, M., & Ulthoni, M. (2019). Manajemen perencanaan pembelajaran aktif di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.1-20
Kunandar. (2014). Penilaian autentik: Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2019). Pembelajaran tematik SD/MI: Implementasi Kurikulum 2013 berbasis HOTS. Yogyakarta: Samudra Biru.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., & Bahri, S. (2019). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap kesiapan guru sebagai role model keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171
Muhmidayeli. (2015). Filsafat pendidikan Islam. Yogyakarta: Aditya Media.
Musfiqon. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Ramayulis, & Nizar, S. (2020). Filsafat pendidikan Islam: Telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokoh (Cet. 2). Jakarta: Kalam Mulia.
Sum, T. A. (2020). Jurnal pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Susiloningsih, W. (2019). Analisis pemahaman konseptual mahasiswa PGSD pada matakuliah perencanaan dengan pendekatan saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.270
Sutirjo, & Mamik, S. I. (2015). Tematik pembelajaran efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.
Sufiati, V., & Nur, S. A. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53.
Tarigan, R. B. (2020). Upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Penelitian, 20(1).
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widyanto, P. (2020). Satya Sastraharing. Satya Sastraharing, 4(2). https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing
Zainal Arifin. (2012). Konsep dan model pengembangan kurikulum (Cet. ke-2). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.