Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Bercakap-Cakap di TK Pembina Pasar Rantau Panjang Tabir
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1740Keywords:
Metode bercakap-cakapAbstract
Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan individu dalam memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bercakap-cakap di TK Pembina Pasar Rantau Panjang Tabir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian adalah 41 anak Kelompok B. Data diperoleh melalui observasi perkembangan kecerdasan interpersonal sebelum tindakan, setelah siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kecerdasan interpersonal anak. Sebelum tindakan, rata-rata perkembangan kecerdasan interpersonal sebesar 46,6%. Setelah siklus I meningkat menjadi 51,57% dan pada siklus II meningkat tajam menjadi 80,53%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap efektif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Guru disarankan untuk menerapkan metode ini secara sistematis dan memberikan arahan serta penguatan yang tepat untuk mendorong partisipasi aktif anak dalam kegiatan bercakap-cakap.
References
AnitaYus. (2015). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2017). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Armstrong, T. (2002). 7 kinds of smart (T. Hermaya, Trans.). Jakarta: Gramedia Pustaka.
Atosokhi, G., dkk. (2013). Character building III. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Azwar, S. (2014). Pengantar psikologi intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Beaty, J. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini (Edisi ke-7). Jakarta: Kencana.
Chatib, M. (2016). Sekolahnya manusia. Bandung: Kaifa.
Gardner, H. (2015). Kecerdasan majemuk (A. Sindoro, Trans.). Batam Centre: Interaksara.
Gordon, C., & Huggins-Cooper, L. (2013). Meningkatkan 9 kecerdasan anak (C. Rozyandra, Trans.). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Gunawan, A. (2006). Genius learning strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Ishjoni. (2017). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta.
Jasmine, J. (2017). Metode mengajar multiple intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.
Moeslichatoen. (2016). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiroh. (2010). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: [Penerbit tidak disebutkan].
Musyarofah, S. (2013). Penerapan metode resitasi pada pembelajaran pendidikan agama bagi anak tuna rungu di SLBN Kebangkalan Mandiraja Banjarnegara (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam.
Nurani, S. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Padmonodewo. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Pramudya, A. (2019). Strategi mengembangkan potensi kecerdasan anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Safaria. (2015). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.
Santrock, J. W. (2017). Perkembangan anak (Jilid 1, Edisi ke-11). Jakarta: PT Erlangga.
Siswanto, B. S. (2015). Manajemen tenaga kerja Indonesia (Edisi ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugihartono, dkk. (2017). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2015). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2015). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Suyadi. (2016). Panduan penelitian tindakan kelas: Buku panduan wajib bagi para pendidik. Yogyakarta: DIVA Press.
Tadjudin, D. (2008). Belajar dari Bungo. Bogor: CIFOR.
Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2016). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 90–94.
Williams, E. (2005). Mengajar dengan empati (F. Ferdinan, Trans.). Bandung: Nuansa.
Wiriaatmadja, R. (2016). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. (2015). Pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.