Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Media Sosial Whatsapp untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Anak Usia Dini pada Kelompok B di RA Darussalam Asshiddiqi Puger Jember

Authors

  • Uli Nurfaidah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rina Sugiarti Dwi Gita Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Amin Silalahi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1685

Keywords:

Media Sosial Whatsapp, Minat dan Hasil Belajar.

Abstract

Kehadiran media pembelajaran sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana pembelajaran menggunakan aplikasi media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitin ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan Studi Naratif. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan wali murid. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah  Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran diawali oleh wali kelas dengan dengan mengirimkan pesan melalui grup WhatsApp mengenai mata pelajaran yang akan dilaksanakan. Guru menggunakan fitur foto, video, dokumen, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara langsung. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsApp dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Hal ini juga didukung oleh sebagian besar wali murid yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Indikator untuk menentukan keefektifan WhatsApp sebagai media pembelajaran antara lain: 1) mudah digunakan; 2) meningkatkan minat belajar siswa; 3) membantu siswa dalam memahami konsep dengan benar; dan 4) mudah mengakses materi pelajaran. Berdasarkan keempat indikator tersebut, penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran terhadap proses belajar mengajar di RA Darussalam Asshiddiqi dikatakan efektif.

References

Aditya, R. (2005). Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi Pekanbaru. Jurnal Jom FISIP, 2(2).

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rienka Cipta.

Fitri, N. L. (2019). Pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media informasi proses belajar anak di KB Permata Bunda. Jurnal Al Hikmah, 3(2).

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). WhatsApp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif (Cet. XII). Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., & Widiyastuti, A. (2021). Pemanfaatan sosial media WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh TK Aku Anak Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4911-4915.

Suyanto. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Nurfaidah, U. ., Gita, R. S. D. ., & Silalahi, A. . (2025). Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Media Sosial Whatsapp untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Anak Usia Dini pada Kelompok B di RA Darussalam Asshiddiqi Puger Jember . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 279–288. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.1685

Issue

Section

Articles