Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Kelompok B, Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1670Keywords:
Media Audio Visual, Kemampuan Mengenal AbjadAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad kelompok b di tk kemala bhayangkari 1 palembang, jl. Bambang utoyo komplek pakri, no.4 palembang. Jenis penelitian ini adalah pre-ekxperimental dengan desain one group pretest-posttest (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran media audio visual, observasil digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treatment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis t-test. Berdasarkan hasil yang dapat bahwa terdapat nilai rata-rata setelah diterapkan kegiatan media audio visual dimana nilai rata-rata ekperimen sebesar 5.6 sedangkan kelompok kontrol 14.2, kemudian berdasarkan perhitungan dimana nilai ttabel untuk taraf signifikasi 5% sebesar 0,5140. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (0,7926>0,5140) maka dikesimpulannya ho ditolak dan ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media audio visual yang signifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf abjad kelompok b di tk kemala bhayangkari 1 palembang.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Aryanti, V. R. (n.d.). Meningkatkan kemampuan berhitung mengenal huruf melalui media kartu huruf bergambar di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Arthfal II Potang Barat Tahun Ajaran 2019/2020.
Dharma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji f dan r2). Bogor: Guepedia.
Emzir. (2017). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Handayani, A., dkk. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kantong ajaib di Taman Kanak-Kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1).
Hayati, F., & Amalia, L., dkk. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan bola huruf pada kelompok B di TK Mawaddah Warahmah Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 7(1).
Kurnia, G. R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Laksana, D. N. L., dkk. (2021). Aspek perkembangan anak usia dini. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (Buku ajar praktis cara membuat penelitian). Bandung: PT Panca Terra Firma.
Noviyanto, T. S. H., dkk. (2022). Perkembangan peserta didik. Surakarta: Pradina Pustaka.
Pasaribu, E. Z., dkk. (2020). Belajar statistika: Siapa takut dengan SPSS. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).
Ramdhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika penelitian pendidikan: Analisis perhitungan matematis dan aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.
Rozana, S., dkk. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini: Teori dan praktik. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Salim, & Haidir. (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, M., dkk. (2022). Metodologi penelitian. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Siswanto, S. (2016). Metode penelitian kombinasi kualitatif dan kuantitatif pada penelitian tindakan. Klaten Selatan: Boss Script.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2014). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafruddin, A. (n.d.). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soetomo, & Dewi, A. (2014). Penerapan metode tanya jawab untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan anak. E-Jurnal PG-PAUD Undiksha, 2(1).
Wardani, D. K. (2020). Pengujian hipotesis deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktek penelitian kuantitatif, kualitatif, PRK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yus, A. (2011). Penilaian perkembangan belajar anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.