Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika II Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1614Keywords:
flashcard, perkembangan bahasa, keaksaraan awalAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa anak dalam lingkup perkembangan keaksaraan awal di TK Kartika II Lahat, hal ini didasarkan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang diberikan kepada anak, sehingga anak belum mampu memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menuliskan nama sendiri, dan memahami arti kata dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa untuk anak usia 5-6 tahun di TK Kartika II Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil dalam penelitian ini diperoleh dari dk = 10 = 10-2 = 8 maka didapatkan thitung = -131,804 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel = 2, 306 karena (-131,804 < 2, 306), maka kesimpulan Ho ditolak artinya ada pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa untuk anak usia 5-6 tahun di TK Kartika II Lahat.
References
Anggraini, Vivi, Yulsyofriend, Indra Yeni. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini, PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80.
Janter, Mentari Nagraha. (2014). Skripsi: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flash Card Pada Anak Kelompok B di TK Satu Atap Jogoboyo Purwodadi Purworejo, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Khaironi, Mulianah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1-2.
Maghfiroh, Shofia dan Dadan Suryana. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1564.
Palupi, Garin Diah dan Damajanti Kusuma Dewi, Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK ABA IV Kota Kediri, Vol. 2 No. 3.
Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Poernomo, Dewi Ika Sari Hari dan Ennes Prisky Paskarinda. (2015). Faktor Kesehatan,
Pradana, Pascalina Hadi dan Febriana Gerhani. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak, JOEAI: Journal of Education and Intruction, 2(1).
Sari, Indah Puspita, Skripsi: Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A di TK IT Izzudin Palembang”, (Palembang: Universitas Sriwijaya, 2020).
Wahyuni, Sri. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 10-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.