Pengembangan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di TK Harapan Bangsa Desa Toman
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1612Keywords:
Pengembangan, Multimedia interakif, membaca permulaanAbstract
Kemampuan membaca permulaan ataupun mengenal huruf abjad pada anak di TK Harapan Bangsa Desa Toman masih sangat rendah karena kurangnya ketersediaan media pembelajaean ataupun alat permainan lainnya dan proses pembelajaran lebih kepada kegiatan menulis, menggunakan buku bergambar dan hanya menggunakan papan tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pengembangan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak usia dini di TK Harapan Bangsa Desa Toman. Multimedia Interaktif merupakan suatu tampilan multimedia yang rancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi penggunaanya (user). Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, olahraga, iklan / promosi, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakana adalan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD ( Analysis, Design, Development). Populasi penelitian ini adalah peserta didik TK Harapan Bangsa Desa Toman. Jumlah sampel uji coba satu-satu (one to one ) yaitu 5 orang pesertsa didik dan uji coba kelompok kecil (small group) yaitu 10 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media animasi interaktif yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi 93% sehingga dinyatakan sangat valid, penilaian validasi Bahasa 94% sehingga dinyatakan sangat valid, penilaian ahli media 92% sehingga berdasarkan hasil peserta didik yang dilakukan dalam bentuk wawancara dan observasi yaitu pada hasil uji coba satu-satu (one to one) sebesar 95,2% dan uji coba kelompok kecil (small group) memperoleh hasil sebesar 96,5% sehingga pada tahap uji coba keduanya dinyatakan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak di TK Harapan Bangsa Desa Toman ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anddriyani, Happy Indira Dewi dan Zulfitria. (2020). Penggunaan Multimedia dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampian Membaca Permulaan Siswa, Jurnal Instruksional, Vol.1, No.2, April 2020.hlm.173
Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif di Sekolah, jurnal ilmu sosial – fakultas isipol uma, Vol. 4, No. 1, April 2011.
Conny R. Setiawan. (2007). Catatan Kecil Tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat baca pada anak usia dini Logaritma: Bandung.
Juniar, ddk. (2014). Pengembangan Perangkat Asesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II, Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar.
Khusnul Laely. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7 Edisi 2.
Nugraha, M.S. Lutfi.,A. A. Hunaifi.,& R. Damariswara. (2020). Pengembangan Multimedia Peredaran Darah Manusia Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. UN PGRI Kediri.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Salmiati, Penerapan Media Flash Card dalam Meeningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A PAUD di kabupaten Aceh Besar, Jurnal Buah Hati, Vol. 5 No. 2, 2018, hlm. 121.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan 3; Yogyakarta: Alfabeta.
Suherman, Muhdiah, Mumuy. (2018). Sistem Interaktif Membaca permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah ILKOM, Vol. 8.No.1.2087-1716
Sujarwo. (2016). Peningkatakan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compct Disc pada Anak Usia 5- tahun, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3 No. 1, 2016, hlm.30
Suryani. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis IT. Cetakan 2; Malang: Alfabeta.
Swara, G. Y. (2020). Pemanfaatan Visualisasi 3d Pada Multimedia Interaktif Dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif ISSN: 2338-2724 e-ISSN : 2598-9197. Vol. 8 No. 1 April 2020. Institut Teknologi Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.