Pengaruh Penggunaan Media Sorting Shapes Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di SPS Shofiyyah Palembang

Authors

  • Amanda Puspa Sapitri UIN Raden Fatah Palembang
  • Amilda UIN Raden Fatah Palembang
  • Indah Dwi Sartika UIN Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1610

Keywords:

kemampuan kognitif, anak usia dini, media sorting shapes, geometri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah yang terjadi yaitu kemampuan anak dalam mengenali bentuk geometri dilihat dari anak tidak mampu menyebutkan nama-nama bentuk geometri, mengurutkan bentuk geometri, mengelompokan bentuk geometri berdasarkan warna dan menghubungkan bentuk geometri yang sesuai dengan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Sorting Shapes terhadap perkembangan kognitif khususnya kemampuan mengenali bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desin One Groub Pretest-Postest (satu kelompok subjek). Sample penelitian ini berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 7 anak permpuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil  uji hipotesis diperoleh =3,457 sedangkan =1,782288 karena =3,457 > =1,782288 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media sorting shapes terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di SPS Shofiyyah Palembang. Adapun dalam penelitian ini terdapat satu anak yang tidak mengalami perubahan secara signifikan dikarenakan anak tersebut mengalami kesulitan dalam memahami perintah pada saat proses kegiatan pembelajaran.

References

Aziz. (2020). Ide Bermain Shorting Colour Shapes. Indria, 6.2 (2020), 54.

Dzakiroh Amilatu. (2021). Pengembangan Kognitif Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Islamic Early Chilhood Education, 2.1 (2021), 58.

Hasiana. (2020). Studi Kasus Anak Dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspretif. Special And Inclusive Education Journal, 1.1 (2020), 62

Ifat Fatimah Zahro Suniarsih Dewi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Kotak Sortasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun’, Ceria CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF, 3.5 (2020), 215.

Juniati Winda. (2020). Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang’, Golden Age, 4.1 (2020), 147.

Nurhayati Titi. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Colour Geometry Book. PAUD Agepedia, 2.1 (2018), 27.

Rizqiyyatunnisa. (2021). Penyelenggaraan PAUD Formal, Nin Formal, Dan Informal Di KB Keluarga Ceria. Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 (2021), 61.

Sianipar Audia. (2022). Efektivitas APE Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikaan Islam Anak Usia Dini, 2.2 (22022), 211.

Tombokan & Kandou Selpius, Runtukahu. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Yasbiati. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Colour Geometry Boox. PAUD Agapedia, 2.3 (2019), 35.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Sapitri, A. P. ., Amilda, A., Sartika, I. D. ., & Febriyanti, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sorting Shapes Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di SPS Shofiyyah Palembang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 143–150. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1610

Issue

Section

Articles