Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Nusa Indah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1602Keywords:
Pelaksanaan, Kurikulum 2013, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pelaksanaan kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Nusa Indah Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum di TK Nusa Indah Palembang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ada kepala sekolah, waka kurikulum, guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Pelaksanaan kurikulum diadakan perencanaan terlebih dahulu yaitu dilakukan rapat dalam menentukan pembuatan perencanaan program tahunan, semester, rppm dan rpph, selanjutnya pengorganisasian kurikulum sudah dilaksanakan mulai dari pembagian tugas, dari tugas guru sesuai prosfesinya dan pengelompokkan anak sesuai usia nya, selanjutnya pelaksanaan dalam manajemen kurikulum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam pembuatan RPPH yaitu melibatkan semua guru dalam pengkondisian kelas, kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana yang dimanfaatkan dalam kegiatan pemeblajaran, dan selanjutnya pelaksanaan kurikulum dengan meliputi motivasi, pengarahan, koordinasi dan pengorganisasian.
References
Aziz Masang, (2021). Hakikat Pendidikan. Jurnal Al Uwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1)
Dadan Suryana dan Nelti Rizka, (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga, Jakarta: Kencana
Husaini Usman, (2010). Manajemen, Teori, praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Maujud Fathul. (2018). Impleemtasi Fungsi-fungsi manjemen dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal: Penelitian Keislaman, 14(1)
Marlina, dkk. (2022). Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur.an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2).
Muhammad Zani, (2020). Manajemen Kurikulum Terintegrasi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group
Nurmala Ayu Agistia, dkk (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(5)
Sayyidati Munjiah Kamilah, dkk (2022). Manajmen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Harapan Bunda. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 9(2)
Sigit Purnama, dkk (2022). Kurikulum & Pembelajaran PAUD. Jakarta: Bumi Aksara
Sri Mariam dan Dadang Sukirman, (2021). Fungsi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Universitas Pendidikan Inonesia Inovasi Kurikulum, 18(2)
Siti Maesaroh, (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Isalam. Jurnal Kependidikan, 1(1)
Sri Mariam dan Dadang Sukirman, (2021). Fungsi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Universitas Pendidikan Inonesia Inovasi Kurikulum, 18(2)
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R & D, Bandung: Alfabeta
Teguh Triwiyanto, (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Usman Husaini. (2016). Manajemen , Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.