Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Nusa Indah Palembang

Authors

  • Siti Aisyah UIN Raden Fatah Palembang
  • Aida Imtihana UIN Raden Fatah Palembang
  • Lidia Oktamarina UIN Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina UIN Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Atika UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1602

Keywords:

Pelaksanaan, Kurikulum 2013, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pelaksanaan kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Nusa Indah Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum di TK Nusa Indah Palembang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ada kepala sekolah, waka kurikulum, guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Pelaksanaan kurikulum diadakan perencanaan terlebih dahulu yaitu dilakukan rapat dalam menentukan pembuatan perencanaan program tahunan, semester, rppm dan rpph, selanjutnya pengorganisasian kurikulum sudah dilaksanakan mulai dari pembagian tugas, dari tugas guru sesuai prosfesinya dan pengelompokkan anak sesuai usia nya, selanjutnya pelaksanaan dalam manajemen kurikulum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam pembuatan RPPH yaitu melibatkan semua guru dalam pengkondisian kelas, kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana yang dimanfaatkan dalam kegiatan pemeblajaran, dan selanjutnya pelaksanaan kurikulum dengan meliputi motivasi, pengarahan, koordinasi dan pengorganisasian.

References

Aziz Masang, (2021). Hakikat Pendidikan. Jurnal Al Uwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1)

Dadan Suryana dan Nelti Rizka, (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga, Jakarta: Kencana

Husaini Usman, (2010). Manajemen, Teori, praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Maujud Fathul. (2018). Impleemtasi Fungsi-fungsi manjemen dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal: Penelitian Keislaman, 14(1)

Marlina, dkk. (2022). Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur.an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2).

Muhammad Zani, (2020). Manajemen Kurikulum Terintegrasi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Nurmala Ayu Agistia, dkk (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(5)

Sayyidati Munjiah Kamilah, dkk (2022). Manajmen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Harapan Bunda. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 9(2)

Sigit Purnama, dkk (2022). Kurikulum & Pembelajaran PAUD. Jakarta: Bumi Aksara

Sri Mariam dan Dadang Sukirman, (2021). Fungsi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Universitas Pendidikan Inonesia Inovasi Kurikulum, 18(2)

Siti Maesaroh, (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Isalam. Jurnal Kependidikan, 1(1)

Sri Mariam dan Dadang Sukirman, (2021). Fungsi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Universitas Pendidikan Inonesia Inovasi Kurikulum, 18(2)

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R & D, Bandung: Alfabeta

Teguh Triwiyanto, (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Usman Husaini. (2016). Manajemen , Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Aisyah, S. ., Imtihana, A. ., Oktamarina, L. ., Marlina, L. ., & Atika, N. . (2024). Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Nusa Indah Palembang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 129–135. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1602

Issue

Section

Articles