Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Al-Badariyah Muara Bulian

Authors

  • Nada Aurora Universitas Jambi
  • Destrinelli Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1594

Keywords:

permainan maze ; kemampuan kognitif ; anak usia 5-6 tahun

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan hasil pengamatan di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak masih belum optimal. Kognitif adalah salah satu aspek perkembangan pada anak yang penting untuk dikembangkan, yang mana aspek ini mengacu pada tahapan kemampuan anak. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah di mana anak-anak dapat mengetahui angka, sehingga anak-anak dapat menentukan gambar angka, dapat menangani masalah yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak telah memahami kondisi dan hasil yang konsisten, dan anak-anak dapat menunjukkan latihan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan maze terhadap kemampuan kognitf anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Al-Badariyah Muara Bulian 75 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 14 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 16.125 > 2.179 pada taraf signifikansi = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari permainan maze terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian permainan maze dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan kognitf anak.

References

Abdul Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Ahyar, Hardani, and Dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu

Alfiasar, dkk. (2015). Nilai Anak, Stimulasi Psikososial Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun Pada Keluarga Rawan Pangan Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jur. Ilm. Kel & Kons 3.

Allen, K.E.,& Marotz, L.R. (2016). Developmental Profiles: Pre-Birth Through Twelve. Clifton Park: Thomson Delmar Learning.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badru Zaman., dkk. (2017). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Baker, Dawn. (2016). Art Integration and Cognitive Development. For Learning Trought the Arts 9.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran Cetakan ke. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Desmita. (2015). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-9.

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak No.146. Jakarta: Direktorat PAUD.

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak No.137. Jakarta: Direktorat PAUD.

Hattie, J Personality. (2015). Resielence,Self-Regulation, an Cognitive Ability, Revelant to Teacher Selection, journal of teacher education, vol. 40, h, 57

Fadlillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fauzi F. Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Insa J Pemikir Altern Kependidikan. 2018;15(3):386-402. doi:10.24090/insania.v152

Fithriyanti, N., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Maze Box Untuk Menstimulasi Aspek Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 68-71.

Guslinda dan Rita Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing

Hasan. basri, Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, E-ISSN 2541- 4135.

Hasanah,Faizzatul,and Qurrotul Uyun. (2019). “Pengembangan Alat PermainanEdukatif Maze Alpabet Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Mengenal Huruf Alpabet Bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Bandongan 1 Magelang”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Helmawati. (2018). Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hendayani. (2017). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Pembelajaran Paud Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Bandung: STKIP Siliwangi.

Harianja, S. I. ., Kartika, W., & Septiani, N. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN KALKULATOR JARI UNTUK MELATIH NUMERASI ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KUALA TUNGKAL. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1),1– 10. https://doi.org/10.54069/att hiflah.v1i1.641

Imam Ahmad dan Wahyu Widodo, “Penerapan Algoritma A Star (A*) Pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android”, Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 3, No. 2, Desember 2017, h. 58.

Ihsan. (2014). Nurul Asyik Bermain Maze. Jakarta: Cikal Aksara.

Istiaty. (2016). Permainan Edukatif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), hlm 1-5.

Jhon W, Santrock, Perkembangan Anak (Jakarta: Erlangga,2013), h. 48

Kurniawan, R., & Nasution, Y. R. (2016). Penerapan algoritma A*(A star) sebagai solusi pencarian rute terpendek pada maze. Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunkasi.

Marimba, Ahmad D. (2019). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma?arif, 2019.

Miarso yusuf. (2019). Menyemai Benih Teknologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muazzomi, Nyimas. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari. Volume 17, Nomor 1, hlm. 133-142. Diakses tanggal25Mei2023.http://ji. unbari.ac.id/index.php/ilmi ah/article/view/10

Nilawati, B., & Rachmayani, I. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40.

Nuraeni N. Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prism Sains J Pengkaj Ilmu dan Pembelajaran Mat dan IPA IKIP Mataram. 2014 Jurnal ;2(2):143. doi:10.33394/j-ps.v2i2.1069

Rakhmawati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Kartu Begambar [Universitas Sultan Ageng Tirtayasa], In Bina Manfaat Ilmu:JurnalPendidikan.htt p;//jurnal.lpksaricitrasurya. com/index.oho/bmi/article/ view/30

Retnawati, Dkk. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rolina, Nelva. (2015). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ombak.

Romlah. (2015). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Bermain. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Rosidah, Laily. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Tesis.

Susanto Ahmad. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kusama Perdana Media Group.

Ulfah, Maulidya. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyadi, (2017). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: PT. Pustaka Insani Madani.

Syamsuardi. (2013). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak- Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 59–67.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1. Sistem Pendidikan Nasional. Diakses 12 April 2023 darihttp://kemenag.go.id/d okumen/uu 2003.pdf.

Yasbiati dan Gilar Gandana. (2018). Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar), (Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi, 2018), h. 45.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Aurora, N. ., Destrinelli, D., & Harianja, S. I. H. (2024). Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Al-Badariyah Muara Bulian. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 121–128. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1594

Issue

Section

Articles