Pengaruh Membatik dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Badariyah

Authors

  • Alfikri Narullah Universitas Jambi
  • Indryani Universitas Jambi
  • Akhmad Fikri Rosyadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1593

Keywords:

ecoprint ; perkembangan kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Badariyah yang masih belum berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran masih ada anak yang belum belum berani mencoba hal yang kreatif dan masih minimnya kegiatan baru yang bisa mendorong kreativitas anak sehingga membatasi ruang gerak anak untuk berkreasi dan menyalurkan ide atau gagasannya dalam mengembangkan kemampuan kreativitas sehingga anak cendrung meniru, kurang percaya dengan hasil karya sendiri, dan takut ketika melakukan sesuatu yang baru atau inovatif dalam menciptakan suatu karya/ide.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan membatik teknik eco print terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Al-Badariyah Muara Bulian 72 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 14 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian membuktikan bahwa t htung > t tabel yaitu 8.473 > 2.179 pada taraf signifikansi = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan membatik teknik eco print terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian kegiatan membatik teknik eco print dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak.

References

Agustina, Lina., Suparti., Agustina, Putri., dkk. (2018). Efektivitas Media Campuran Jerami Padi dan Daun Pisang Kering Terhadap Produktivitas Jamur Merang (Volvariella volvaceae). Prosiding SNPS : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anshori. (2015). Upaya Meningkatkan hasil belajar PKn melalui penggunaan Teams Games Tournament di Kelas IV MI Al – Islamiyah Kecamatan Beji Kota Depok. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bits tream/123456789/29814/1/ ASHORI- FITK.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/w pcontent/uploads/2016/08/U U_no_20_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019.

Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. Washington,DC : National Assosiation for the Education of Young Children.

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & communication technology in shaping character during the covid- 19 pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.59 4

Irianingsih. (2019). Ecoprint Motif Kain dari Daun Bunga. Jakarta: PT Gramedia Pustama Utama

Kartika, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Seni Melalui Kegiatan Membatik (Pendidikan Pusaka Membangun Karakter Anak Usia Dini). PROSIDING, 2018, 79–88.

Kusuma. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 1(1).

Marimba, Ahmad D. (2019). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: AlMa?arif,

Mahsyudi. (2019). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan.

Mutmainah. (2021). Penerapan Teknik Eco Print Menggunakan Buah dan Sayur. Bhumidevi: Journal of Fashion Design, I(1), 152-158.

Nilawati, M. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Gizi Kurang pada Balita di Desa Kemiri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Biora. Artikel Ilmiah: Program Studi Gizi. STIKES Ngudi Waluyo Ungaran.

Nurhayati. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Permendikbud No 146 tahun 2014: Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rachmawati, Yeni, dan Euis Kurniawati, (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: Depdiknas.

Sari. (2019). Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Jurnal Seni Kriy. 8 (1).

Suyadi dan Ulfah, Maulidya. (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Utami Munandar. (2013). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. (2013). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media

Yulianti Dewi, Kimin Amelia. (2014). Keperawatan Medical Bedah Brunner & Suddarth, edisi 12, penerjemah Mardalla Anisa Eka, Jakarta :Buku Kedokteran EGC,hal 211

Winarsih. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 1(1).

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Narullah, A. ., Indryani, I., & Rosyadi, A. F. . (2024). Pengaruh Membatik dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Badariyah. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 115–120. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1593

Issue

Section

Articles