Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi

Authors

  • Annisa Maharani Universitas Jambi
  • Kasmiati Universitas Jambi
  • Hendra Sofyan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1589

Keywords:

Media Komik Digital ; Kemampuan Bahasa ; Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa, kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi beberapa anak masih belum berkembang dalam mengungkapkan bahasa. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran ketika guru menanya tentang pembelajaran sebagian anak masih ada yang belum mau untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Beberapa anak belum mampu untuk berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan perbendaharaan kata, Anak belum mampu untuk berkomunikasi dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi 69 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kemampuan bahasa anak sebesar 36,69 dan setellah diberi perlakuan penggunaan media komik digital rata-rata posttest sebesar 46.19. Terdapat peningkatan rata-rata kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun sebesar 9,5. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu (7.867) > (2,145) taraf signifikansi = 0,05. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.

References

Agustina, I. A. (2020). Pengembangan media komik edukatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v sd islam imama mijen kota semarang. Universitas Negeri Semarang.

Andri Hardiyana, Nuryati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Digital Dongeng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 76-94.

Ari, D. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Outbound di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. In Unnes. Universitas Negeri Semarang.

Ariyani, Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran komik digital biologi pada materi kegagalan sistem pertahanan tubuh siswa kelas xii. Skripsi, 15.

Ayun Permata Syahrir, Sadira Putri Zahirah, Ummi Salamah. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva Dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Unesa, 732-742.

Azvan Taniz, Elzin Helmi. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaksi Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam (Mutiara), 48-57.

Fatmawati. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1).

Demawati. (2018). Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Berceria Di TK Islam Nurhasanah Kec. Suka Bumi Bandar Lampung (Vol. 21, Issue 1). UIN Raden Intan Lampung.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia (Hendrizal (ed.); I). Samudra Biru (.

Hadi, S. (2008). Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD IV Semen Gresik. Jurnal Pendidikan, 23(04), 4-10.

Handayani, T., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630

Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); I, Issue April). Pustaka Ilmu.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.); Pertama). Tahta Media Group.

Ikhwani, L. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode permainan ular tangga. UIN Syarif Hidayatullah.

Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Ilmiah Pendidikan, 10.

Islamiati, A. (2020). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). IAIN Metro.

Isna, N. F. (2018). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Tanya-JawaB Menggunakan Media Kartu Bergambar Di Paud Surya Trimano Tanjung Senang Bandar Lampung .UIN Raden Intan Lampung.

Ita, & Wewe. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Al-Athfal. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186.

Juniarti, Y., & Nurlaeni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Kadir. (2019). Statistika Terapan?: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (5th ed.). PT Rajafrindo Persada.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Bintang Sutabaya.

Kusnitianingsari, N. d. (2013). Pengembangan Media Komik DIgital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Mater Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 01(02), 1-9.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Kreatif, 9(2), 87–91.

Malita, S. (2020). Peningkatan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui kartu bergambar di tk islam nurul quddus barombong. Muhammadiyah Makasar.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. STKIP Kusuma Negara, 06, 1–8.

Mariyani, A. (2019). Perkembangan kemampuan bahasa anak melalui penggunaan media flash card di tk it al-kautsar kota bengkulu skripsi. In Skripsi. IAIN Bengkulu.

Masdiono, T. (2007). 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: Kreatif Media.

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif (III). Rajawali Pers.

Munauwarah, R. (2022). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Pocut Meulingoe Kabupaten Bireuen. UIN Ar-Raniry.

Novianti, R. D., & Syaichudin, M. (2014). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk. Jurnal TeknologiPendidikan, 10(1), 76–77.

Nurinayati, F. N. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Sistem Imun di SMA N 13. Jurnal Biosfer, 07(02), 47-52.

Nurlatipah, N. J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains yang disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia, 05(02), 6-22.

Nuraini, & Saputro, A. (2019). Influence of Comic Media Implementation in Islamic education Learning of Students in the School. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2284001

Pandanwangi, N. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Pada Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 124.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).

Rahmita, Y., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Media Pelajaran Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10331–10338. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2621%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2621/2286

Payani, D., Monica, K., & Octaviana, A. (n.d.). 1 , 2 , 3 , 4. 27–35

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazif, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (E. Apino (ed.); I). Paratama Publishing.

Rezza, B. A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying Pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 2392-2401.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Rusdiana, A. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tarbiyatus Sholihin Dadapan. UIN Raden Intan Lampung.

Syaroh, M. (2022). Analisis Perkembangan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Banin Makassar. UIN Alauddin Makassae.

Sofyan, H. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkaannya. CV. Infomedika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kebijakan (S. Y. Ratri (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Ulva, R. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di MI Nurul Roworejo. IAIN Raden Intan Lampung.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Deepublish.

Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Binawakya, 16(5), 6873–6882.

Yus, A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Maharani, A. ., Kasmiati, K., & Sofyan, H. . (2024). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 106–114. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1589

Issue

Section

Articles