Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1584Keywords:
smart box ; kemampuan membaca permulaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 yang masih belum berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran anak belum bisa membuat hasil karya yang baru tanpa diberi contoh oleh guru, Anak belum dapat membentuk minat yang kuat hal ini terlihat banyak anak yang terlihat bosan, ngantuk, kurang tertarik, dan bahkan ada yang sibuk main sendiri saat mengerjakan keterampilan seperti menggambar, menjiplak, menggunting, atau keterampilan lainnya. Kemudian kurangnya keingintahuan pada anak dalam kegiatan serta anak belum bisa menunjukkan inisiatif saat melakukan hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi I Kabupaten Merangin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin yaitu 136 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung > t tabel yaitu 24.092 > 2.131 pada taraf signifikan = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari media smart box terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di Pertiwi 1 Kabupaten Merangin. Dengan demikian media smart box dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Astuti, A.,W, Dropadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dengan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. TK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam , 4 (1), 73-81.
Diswiko, E. (2020). Pengaruh Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahub Di PAUD Melati Desa Martapura Kec. Sikap Dalam [IAIN Bengkulu]. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Erniawati, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Big Book. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 667–677.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia (Hendrizal (ed.); I). Samudra Biru .
Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); I, Issue April). Pustaka Ilmu.
Harnanto, S. (2016). Alat peraga kotak belajar ajaib (kobela) dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 33-42.
Haryati, S. (2021). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan AnaK Usia 5-6 Tahun Di TK Teratai Martapura Sumatera Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Indayani, P. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. UIN Ar-Raniry.
Ismiatun, A. N., Syamsuddin, M. M., & Rahmawati, A. (2015). Penerapan Pendidikan Jasmani Terhadap Peningkatan Koordinasi Gerak Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bobotasari Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Fkip Uns, 1980, 1–8.
Ismiyati. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung. Jurnal Audi, 3(2), 63–72.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 4. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp
Kholisabela, U. (2020). Pengembangan Media Buku Bergambar untuk Menstimulasi Aspek Bahasa Anak Kelompok B di TK Al-Hidayah Sukabumi Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Kholifah, N., & Rohita, S. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kotak Baba Pada Kelompok B Di Tk Al-Hikmah Rungkut Surabaya. Jurnal Artikel TT hal, 8.
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Bintang Sutabaya.
Mailinda, D., Saripah, S., & Rathomi, A. (2023). Pengaruh Permainan Kotak Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021. Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner, 1(2), 263-275.
Mezu, D. F. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Perintis Desa Karang Rejo Jati Agung Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Nur, S. (2018). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bela Bangsa Mandiri [Universitas Lampung]. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Nurbaiti, A. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media FLash Card Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Prabawati, I. (2014). Peningkatan Kemapuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koripan Poncosari Srandakan Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazif, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (E. Apino (ed.); I). Paratama Publishing.
Sari, N. V. (2021). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kotak pintar pada anak kelompok b tk suryodiningratan. Pendidikan guru paud S-1, 10(3), 219-226.
Sartika, I. D., Handini, M. C., & Hartati. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Bulletin Board. Visipena Journal, 8(1), 46–58. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.376
Sjamsir, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar Di TK Islam Terpadu Asiah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. Bedumanagers Journal, 2(2), 30-41.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuliastri, NA, Fitriani, R., & Ilhami, BS (2021). Pengembangan Media Smart Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal CARE (Penelitian dan Pendidikan Penasihat Anak) , 8 (2), 29-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.