Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melalui Media Finger Puppets Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK ABA IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1571Keywords:
Penguasaan Kosakata Anak ; Media Figer Puppets Anak Usia Dini Usia 4-5 TahunAbstract
Berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan di TK ABA IV Kota Jambi dari 20 anak masih terlhat 14 anak yang belum mampu dalam penguasaan kosakata yang baik. Guru menyampaikan bahwa dalam kemampuan penguasaan kosakata pada anak belum berhasil. Jenis penelitian identifikasi yang akan dilakukan adalah “deskriptif” yang mana penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil Presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melaui Media Figer Puppets Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun TK ABA IV Kota Jambi Pada Indikator Mendengarkan Kata pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 80%. presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melaui Media Figer Puppets Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun TK ABA IV Kota Jambi Pada Indikator Mengucap Kata berada pada tingkatan “sedang” dengan capaian sebesar 79%. analisis penguasaan kosakata anak melaui media figer puppets anak usia dini usia 4-5 tahun TK ABA IV Kota Jambi pada indikator mendapatkan makna kata berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 81%. presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai analisis penguasaan kosakata anak melaui media figer puppets anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi pada indikator membaca kata berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 81%. presentase frekuensi jawaban responden dari 8 item pernyataan mengenai analisis penguasaan kosakata anak melaui media figer puppets anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi pada indikator menulis kata berada pada tingkatan “sedang” dengan capaian sebesar 79%. Sehingga Analisis penguasaan kosakata anak melaui media figer puppets anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi berada dalam kategori yang tinggi, besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 80%.
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Transito
Aziz Safrudin. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini, Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia.
Azizah. (2019). Peran Pendidikan dan Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. Vlume 3 N 6. Tahun 2019
Cakra. (2012). Jurnal Kesehatan.Vo.6. No.1.
Cucu Eliyawati. (2015). Pemilihan dan Pengembangan Belajar Anak Taman Kanakkanak, Jakarta: Depdiknas
Darwis dan Mas’ud, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah. Juran Kajian Ilmu Keislaman 3.2
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar, Bandung: Yrama Widya.
Destiyani. (2015). Tentang “Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Finger Puppets Terhadap Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat”
Eva Roswati. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Putera Harapan Surabaya. Jurnal Paud Teratai Volume 1
Gagne. (2016). Kondidi Belajar dan Teori Pembelajaran. Terjemahan Munadir. Jakarta Depdik bud Direjen Pendidikan Tinggi.
Gorys Keraf. (2014). Diksi dan Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Gunarti, Winda, dkk. (2013). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kadek Yuli Antari. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Konsep Bilangan.
Kebudayaan, K. P (2013). Konsep Dasar Paud. Vol. 20.
Lilis Madyawati. (2013). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.
Maryan Siti. (2012). Peningkatan Moral Anak Usia Dini Melalui Boneka Jari Di Taman Kanak-Kanak Negeri I Koto Tuo Kabupaten Sijunjung, Jurnal Pesona PAUD, VOL. I NO. 1
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka.
Najib, dkk, (2016). Manajemen Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Gravamedia
Novi Mulyani. (2018). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia Yogyakarta:Diva Press.
Nurliya Febrisma. (2013). Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan ( PTK kelas DV di SLB Kartini Batam).Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol.1.No.2.
Pelicand, Julie. Et.al. (2014). A Therapeutic Education Programme for Diabetic Children: Recreational, Creative Methods, and Use of Puppets. ELSEVIER Journal. Vol 60
Permendikbud No. 146. Tahun 2014 & Kurikulum 2013 PAUD.
Purwa Atmaja (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru, Jogjakarta: ArRuzz Media.
Puspasari Dini, Samidi, Chumdari. (2015). Penggunaan Media Boneka Jari untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa SekolahDasar. Jurnal Mahasiswa. No.4.Vol.12.
Rahayu, Aprianti Nofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Bercerita. Jakarta: Permata Puri Media.
Rosi Novita dan Erwandi. (2016). Pengembangan Boneka Jari Dan Story Telling Sebagai Media Edukasi Gizi Pada Anak Usia Dini
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Suharnan. (2015). Menjadi peneliti Kualitatif. Bandung. Pustaka Setia
Sulianto. (2014). Profil Cerita anak Dan Media Boneka Tangan dalam metode bercerita Berkarakter Untuk siswa SD. Jurnal Mimbar Volume I.
Trianingsih. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Vol.1 No. 3. Diakses tanggal 28 November. Jam: 22:08.
Wahono. (2022). Perkembangan anak: Mendukung implementasi MBKM. Yayasan cendikia muslim.
Wahyuningsih. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Gambar Dan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/ 2013
Wiyani, dkk. (2013). Psokologi Anak Usia Dini. Jakarta. Gramedia
Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.