Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1564Keywords:
Media Busy Book ; Kecerdasan Logika Matematika ; Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Ketika peneliti melakukan observasi pada kelas B dengan jumlah anak sebanyak 17 anak terdapat 12 anak yang belum mampu menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah benda, masih terdapat anak yang terbalik menuliskan lambang bilangan seperti 2, 3, 5, 9, terdapat anak yang belum mampu mengenal angka sesuai dengan kuantitas angka serta kurangnya media pembelajaran yang menunjang kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-posttest. Metode eksperimen digunakan untuk menguji hipotesis menyangkut hubungan sebab-akibat. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive yaitu anak kelas B dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak usia 5-6 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis parametrik yaitu uji hipotesis (uji t). Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kecerdasan logika matematika sebesar 15,53 dan setelah diberi perlakuan penggunaan media busy book rata-rata posttest sebesar 27,47. Terdapat peningkatan rata-rata kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun sebesar 11,94. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai t hitung sebesar 28,744 dan t tabel sebesar 2,131, dari besaran nilai tersebut terlihat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Rizani Putra.
References
Ai suminar, A. A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di tk negeri pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 22–34.
Aisa, M. N. (2019). Peningkatan kecerdasan logis- matematis anak usia dini melalui bermain balok di tk muslimat nu 001 ponorogo. Skripsi.
Alfaregi, I. S., & Wirman, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Family Education, 2(1), 16-23.
Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di taman kanak-kanak fadhilah amal 3 padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12099
Andriyani, Y. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di smp negeri 01 meraksa aji tulang bawang. Skripsi, 119.
Annet, N., & Naranjo, J. (2014). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model problem based learning. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Auliana, A. (2022). pengembangan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. universitas islam negeri raden intan lampung.
Avirudini, K. (2018). Pengembangan Media 3 Dimensi Busy Book Pada Tema Alat Transportasi Sub Tema Macam-Macam Transportasi Di Tk Kelompok a Kartika Iv-92 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–7.
Bulow, N. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran agama islam di smp yapim manado. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Vol. 21, Issue 1).
Cahyawati. (2015). pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 standar kompetensi menangani surat/dokumen kantor pada siswa kelas x kompetensi keahlian administrasi perkantoran smk muhammadiyah 1 wates (Issue 1).
Carin, A. A., Sund, R. ., & Lahkar, B. K. (2018). pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini pada kelompok b tk al-amin kota palopo. Journal of Controlled Release, 11(2), 430–439.
Emzir. (2014). metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. rajawali pers, pt raja grafindo persada.
Ervinda, L. (2019). Pengaruh penerapan permainan tata angka terhadap perkembangan kecerdasan logika -matematika anak kelompok b taman kanak-kanak aisyiyah airtiris kampar.
Ezkanandyta, N. (2020). Efektivitas penggunaan busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini. 37–50.
Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y., & Mariyana, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Edukid, 16(1), 42–53. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874
Febrianti, R., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, J. I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Mataram, U. (2023). Pengembangan busy book untuk mengembangkan perkembangan kognitif pada anak kelompok b.
Firdiana, W. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan moodle di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA negeri 29 jakarta. Skripsi, 1–191.
Fitriani, E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis melalui media busy book di kelompok b tk darmawanita (Issue February). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hartono, R. (2019). Pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII di smp negeri 1 binamu. In Progress in Retinal and Eye Research (Vol. 561, Issue 3).
Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2011). Pengaruh permainan tradisional dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1, 5–24.
Juliana, S. (2019). Pengaruh penggunaan media busy book terhadap motorik halus pada anak usia 3-5 tahun di paud anyelir kota samarinda.
Jumiarti, S. (2022). Pengembangan media permainan corong berhitung untuk meningkatkan kecerdasaan logika matematika anak usia 5-6 tahun di tk. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8869%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/8869/1/SEFTIANA JUMIARTI.pdf
Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., The, O. F., … Fellowship, W. (2021). pengembangan media pendidikan seksual busy book bagi anak usia dini. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas v sd se-kecamatan gedangsari gunungkidul. 21–26.
Lina, Y. I., Yuliana, R., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of busy book media based on the global method of learning to begin with reading. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 527. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7969
Manasikana, A. (2019). Pembelajaran Matematika Pada Kelas Iv Di Mi Nu 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal Tahun 2018 / 2019.
Masganti, Arlina, & Widai. (2021). Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. 9, 310–317.
Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. 1(1), 62–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Paud4404/Modul 1, 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf
Nurlaela, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di play group islam bina balita way halim bandar lampung tahun ajaran 2017/2018. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Permendikbud, peraturan menteri no 137 tahun 2014. (2014). standar nasional pendidikan anak usia dini.
Putri, d a. (2022). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun di TK Kartika 1-12 Kota Padang Panjang. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25184%0Ahttps://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/25184/1652949195586_Revisi Munaqasyah 2-dikonversi-dikompresi.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Rachmawati, Y., Ezkanandyta, N., & Mariyana, R. (n.d.). Efektifitas penggunaan busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini. 42–54.
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. September 2017.
Risa Mufliharsi. (2019). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di PAUD Swadaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Roikha, M. (2017). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual-spasial terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang kelas v di sekolah dasar taman siswa turen.
Sadiman, arief s, Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya.
Sakri Alfaregi, I., & Wirman, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Family Education, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.35
Sanaky, Hujair, A., & Faizah. (2013). media pembelajaran interaktif dan inovatif. kaukaba dipantara.
Sheila. (2022). alat permainan edukatif busy book dalam meningkatkan kreativitas pada anak kelompok b di tk islam al-fatimah sejomulyo jumana. Journal Information, 10, 1–16.
Sofyan, Hendra. (2019). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini dengan pendekatan tematik. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1).
Sukmadinata, nana syaodih. (2011). metode penelitian pendidikan (7th ed.). remaja rosdakarya.
Susanti, D. (2018). Peningkatkan kecerdasan logika matematika melalui permainan ular tangga kelompok B1 di PAUD Al-Fadillah Kota Bengkulu. Skripsi.
Ulfa, azra aulia, & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 28–37.
Wahyuni, S. (2020). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran biologi kelas XI sma negeri 5 jeneponto. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Vol. 21, Issue 1).
Wajannati, M. (2016). Peningkatan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun melalui maze angka. 1–23.
Widayati, S., & Widijati, U. (2008). Mengoptimalkan 9 zona kecerdasan majemuk anak.
Wulandari, R. (2020). Mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media busy book usia 5-6 tahun di tk islam bina balita bandar lampung. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Vol. 21, Issue 1).
Yulia, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.
Zaenab, ulfah siti. (2018). pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar materi teknik animasi dua dimensi menggunakan macromedia flash (studi kasus pada smk negeri 1 masjid raya). Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.