Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Peran di TK Islam Azzahra Kota Jambi

Authors

  • Fakhri Suhanda Eka Putra Universitas Jambi
  • Indryani Universitas Jambi
  • Masyunita Siregar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1542

Keywords:

Kemampuan Bahasa Anak ; Bermain Peran ; TK Azzahra.

Abstract

Bahasa  merupakan alat untuk menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang sekaligus berfungsi untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain. Tujuan pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Berbanding terbalik dengan keadaan di TK Islam Azzahra Kota Jambi dimana kurang optimalnya perencanaan pembelajaran, terlihat pada proses pembelajaran guru baru menentukan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak pada hari itu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga (3) kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 anak kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bermain peran yang terdiri dari dua tindakan (siklus). Hasil penelitian sebelum penelitian (pra siklus) rata-rata kemampuan berbahasa anak hanya 24,44% dari 15 anak/siswa dengan diadakannya pembelajaran melalui kegiatan bermain peran pada kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut terjadi secara bertahap. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 71,10% dari 15 orang anak, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 87.77% dari 15 orang anak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Islam Azzahra Kota Jambi.

References

Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah miftahul muna kesilir banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119-134.

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru.

Anas Ahmadi,dkk. (2015). Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Perstasi Pustakaraya.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Asmawati, L. (2015). Dimensi Pola Asuh Orangtua untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Jurnal Teknodik, 069-077.

Azizah, N. (2013). Tingkat keterampilan berbicara ditinjau dari metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2).

Beaty. J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Brent, D, Ruben. (2013). Komunikasi Dan Prilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafinfdo Persada.

Burhan Nurgiyantoro. (2016). Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2006). Al Quran dan terjemahannya. Jakarta.

Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis Kompetensi Berbicara Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203-3217.

Eva Latipah, (2013). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. EDUCHILD Journal of Early Childhood Education, 2 (2), 68-79.

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima.

Hendra Sofyan. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis peningkatannya. Jakarta: Infomedika.

Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75-94.

Isdianto, E. (2014). Bahasa dan Teknologi. Jurnal Bahas, 40(91), 90-98.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109-120.

Juliansyah, F. K. (2021). Analisi Strategi Dinas Pemuda dan Olahraga Terhadap Pengelolaan Gelanggang Olahraga (GOR) Sakti Alam Kerinci Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet di Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 3(4), 84-92.

Kauy, A., Lesnussa, A., & Mahananingtyas, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development (KJERD), 1(2), 72-82.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 146, 2014.

Khadijah, (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Khoiriyah, K., & Rachman, A. U. (2019). Bercakap-cakap sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 38-54.

Kimberly, Ann. (2014). Early Childhood Education Becoming A Professional. United States Of America: Library Of Congress Cataloging In Publication Data.

Kurniasari, N. (2020). Implementasi Sentra Main Peran Dalam Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Dan Interpersonal Anak (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta). QURROTI: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40-60.

Kuswanto, C. W., Nabela, U., Uminar, A. N., & Muslih, A. (2021). Kiat-Kiat Mengembangkan Perilaku Baik (Akhlakul Karimah) Pada Anak Usia Dini. ASGHAR: Journal Of Children Studies, 1(1), 30-39.

Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif & Kemajuan Ekonomi. Gramedia Pustaka Utama.

Lexy J Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Merlinda, F., & Zainudin, H. (2016). “Pendampingan Psikososial Terhadap Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta”. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Madyawati. L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Martinis Yamin. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta.

Martinis Yamin. (2013). Kiat Membelajarkan Siswa. Ciputat: Press Group.

Meity H. Idris. (2015). Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro. B. (2015). Sastra Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nurnaningsih, S., & Mansoer, Z. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bermain Peran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara (Vol. 1, No. 3, pp. 260-273).

Rukin, S. P. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.

Sari, M. P. (2022). Analisis Pendapatan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) Covid -19 di Kota Sungai Penuh.Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 4(1), 92-100.

Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47-56.

Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir: Seri Psikologi Perkembangan. Prenada Media.

Sudarsana, I. K. (2018). Membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa melalui pendidikan anak usia dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 1(1).

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdaya.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Utama, T., Ivone, I., Han, W. P., Berluidaham, B., & Megawati, M. (2019, February). Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Dinamika Lubsindo Utama Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Wardani, R. (2020). “Korelasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 69 Banda Aceh” (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Zainal Aqib, dkk. (2018). Penelitian Tindakan Kelas TK/RA-SLB/SDLB. Jakarta: Ankara Media.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Putra, F. S. E. ., Indryani, I., & Siregar, M. . (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Peran di TK Islam Azzahra Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 73–82. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1542

Issue

Section

Articles