Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di TK Kirana Kota Jambi

Authors

  • Mitha Widiyathi Putri Wahyudi Universitas Jambi
  • Indryani Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1536

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Asesmen di Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen pada PAUD dikelompokkan menjadi dua yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen Sumatif adalah penilaian yang dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester dan pada akhir fase; khusus asesmen pada akhir semester, asesmen ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi. Asesmen yang dibahas pada penelitian ini adalah asesmen sumatif dimana peneliti ingin menganalisis penggunaan asesmen sumatif di TK Kirana Kota Jambi. Asesmen formatif diindonesia kurang berjalan dengan baik dimana biasanya hasil penilaian dilakukan secara menduga-duga serta kualitas guru PAUD pada daerah-daerah perdalaman biasanya masih belum berpendidikan S-1 PG-PAUD. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi.

Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh mengunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara secara insidental atau tidak berstruktur. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Kirana Kota Jambi yang berjumlah 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi telah terdapat asesmen sumatif akan tetapi dalam pelaksanaan asesmen sumatif tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari pemahaman guru dalam melaksanakan asesmen belum cukup baik. Asesmen sumatif atau penilaian akhir salah satu sumber informasinya berasal dari penilaian harian yang telah dikumpulkan, saat pengambilan penilaian harian guru lupa mencatat kegiatan anak saat proses pembelajaran hal ini berpengaruh terhadap penilaian akhir anak. Saat pelaksanaan asesmen sumatif guru juga belum melakukan umpan balik kepada orang tua murid mengenai pemberian informasi perkembangan anak dan mencari solusi atas permasalahan yang dimiliki oleh anak.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1-10.

Ani, Y. (2013). Penilaian autentik dalam kurikulum 2013. In Seminar Nasional Implementasi Kurikulum (pp. 742-749).

Abidin, R. Z. (2016). Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif.

Amanda, R. S., & Suryono, Y. (2018). Hubungan kemampuan manajerial kepala satuan PAUD dan self-efficacy guru dengan kinerja guru di Kecamatan Bukit Kerman kaBupaten Kerinci Propinsi Jambi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 204-214.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Asesmen, P., & Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan, K. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA).

Azizah, A. N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Dalam Meningkatkan Omzet Produk Pembiayaan Murabahah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Dinar Amanu Dan Baitul Maal Wa Tamwil Istiqomah Tulungagung. Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Agama Islam Negeri Tulung Agung.

Barokah (2019) Manajemen Penilaian Sumatif Pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 159-179.

Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Febriani, I. (2016). Pengembangan Perangkat CBT Sebagai Instrumen Penilaian Sumatif Fisika Sma Kelas X Semester 2. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta.

Glazer, N. (2014). Formative Plus Summative Assessment in Large Undergraduate Courses: Why Both?. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 26 (2): 276-286.

Harahap, A. C. P., Anggreini, A., Setiawan, B., Ummi, F., Mayarani, L., Sitompul, M. R., & Anggini, Y. C. (2022). Kebermanfaatan Need Assesment bagi Program BK di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6606-6610.

Hibana, S. A., Rohimah, Y., Fajarrini, A., Sari, D. M., Umam, A. N., Awaliyah, T., ... & Azizah, S. N. (2022). Asesmen Pembelajaran PAUD.

Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan evaluasi pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Kusairi, Sentot. Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Malang: Universitas Negeri Malang

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.

Moss, C. (2013). Research on classroom summative assessment. SAGE handbook of research on classroom assessment, 235, 256.

Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). Modul Pelatihan IBM Active Learning Guru SD dan Pelatihan Penilaian Autentik. Prodi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan Bekerjasama Dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Dan Majelis Dikdadmen PDM Sleman & Bantul.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rizali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal UIN Antasari

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20-32.

Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25-37.

Selegi, S. F. (2017). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrudin, A. (2019). Penerapan Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Try Susanti (2014) Susanti, T. (2014). Asesmen Penalaran Inch. Al-Ta lim Journal, 21(1), 72-78.

Wikarya, Yusron., Maidarman dan Eswendi. (2018). Pengembangan dan Penerapan Asesmen Alternatif Bagi Guru Sekolah Dasar. Gorga Jurnal Seni Rupa Volume 07, Nomor 02, 225 – 232.

Wicaksono, B. P. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Papan Kimia untuk Persiapan Penilaian Sumatif SMA Kelas XII (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Wortham, S. C. (2005). Assessment In Early Childhood Education. Kevin M. Davis Publisher

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Wahyudi, M. W. P. ., Indryani, I., & Amanda, R. S. (2024). Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di TK Kirana Kota Jambi . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 64–72. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1536

Issue

Section

Articles