Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Tentang Edukasi Seks di PAUD Terpadu Ananda Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1519Keywords:
kegiatan bercerita, kemampuan berbicara, dan anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan boneka tangan di PAUD Terpadu Ananda Bondowoso. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 10 anak. Desain/model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dimana dalam 1 siklus terdiri dari 4 komponen yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dengan cara memilih hal-hal yang pokok, serta penyampaian data yang diuraikan singkat yang bersifat naratif dan tabel di PAUD Terpadu Ananda Bondowoso. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pratindakan kemampuan berbicara anak sebesar 26,6%, meningkat pada siklus I sebesar 45,5% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan media boneka tangan tentang edukasi seks pada anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda Bondowoso.
References
Daruoh. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi. Fakultas Ilmu Pendidikan - UNES, 1.
Dinas Kesehatan Kab. Kendal. (2023). Kenalan dengan Covid 19. Kendal: Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal.
Humaniora. (2018). Belajar dengan media boneka tangan. Kompasiana, 1.
Izzati, F. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media. Jakarta: Institute Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran.
Lestari, Puji Putri; Rintayati, Penduk & Suharno. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka. Universitas Sebelas Maret, 1.
Rahmah. (2016). Peningkatan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas II. Alumni PGSD FIP UNJ, 1.
Sulianto, Joko; Untari, Mei Fita Asri; & Yulianti, Fitri. (2014). Profil Cerita Anak Dan Media Boneka Tangan. Mimbar Sekolah Dasar, 113-122.
Syaefudin, Rochmat Ali; Suseno, Wahyu Hanggoro, & Teravosa, Gillan. (2020). Kebijakan Bekerja Dari Rumah (Work From Home). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.