Potensi Penerapan Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) di PAUD

Authors

  • H.B.A Jayawardana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Muhammad Agus Sugiarto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra Prystiananta Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1515

Keywords:

penerapan, pembelajaran berbasis AI, PAUD, menyenangkan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami potensi penerapan pembelajaran berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan fokus pada eksplorasi konsep, manfaat, dan kendala yang terkait dengan implementasi teknologi AI dalam proses pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis AI di PAUD memiliki potensi yang besar. Pembelajaran ini tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga mampu memfasilitasi kebutuhan perkembangan mereka secara holistik. Implikasi positifnya mencakup peningkatan daya tarik pembelajaran, individualisasi pendekatan pembelajaran, dan pemberian dukungan efektif untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak. Dengan mempertimbangkan temuan ini, artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman potensi positif penerapan kecerdasan buatan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

References

Arly, Adinda; Dwi, Nanda; Andini, Rea. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362-374, 2023.

Komariah, A., & Satori, D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mambu, Joupy G. Z.; Pitra, Dedek Helida; Ilmi, Aziz Rizki Miftahul; Nugroho, Wahyu; Leuwol, Natasya V.; & Saputra, Andi Muh Akbar. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digita. Journal on Education, Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, 2689- 2698.

Maufidhoh, Imroatul & Maghfirah, Ismil. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 (1) 2023, 31-43.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Pekanbaru: UPT BPPP Pekanbaru.

Rahadiantino, Lienggar; Fahmi, Arfan; Aparamarta, Hakun Wirawasista; Moerad, Sukriyah Kustanti; & Shiddiqi, Ary Mazharuddin. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. JIPPSD: Volume 6, Nomor 1, Juli 2022, 92-101.

Ratnaningrum, I., Jazuli, M., Raharjo, T. J., & Widodo, W. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Seni Berbasis Artificial Intelligency Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, 1204-1209.

Su, Jiahong & Zhong, Yuchun. (2022). Artificial Intelligence (AI) in early childhood education: Curriculum design and future directions. Computers and Education: Artificial Intelligence. Computers and Education: Artificial Intelligence 3 (2022) 100072

Supriadi, Salsabila Rheinata Rhamadani Putri; Sulistiyani; & Chusni, Muhammad Minan. (2019). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. JPSP: Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 2(2), 192-198.

Yahya, Muhammad; Wahyudi; & Hidayat. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Jayawardana, H., Sugiarto, M. A. ., & Prystiananta, N. C. (2023). Potensi Penerapan Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 251–255. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1515

Issue

Section

Articles