Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Ade Irma Noviyanti Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pipit Rika Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1514

Keywords:

Teknologi, AI (Artificial Intelligence), PAUD, berpikir kritis, berpikir kreatif

Abstract

Teknologi berbasis AI (Artificial Intelligence) saat ini sedang berada pada masa perkembangan yang luar biasa. AI sudah banyak digunakan diberbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Pengenalan AI dirasa sangat penting dilakukan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan AI pada pembelajaran di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).Penggunaan AI di PAUD dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak.Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam pembelajaran di PAUD sangat direkomendasikan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan AI dalam pembelajaran di PAUD sangat direkomendasikan karena menyenangkan, mudah digunakan, dan mampu mendorong anak untuk berpikir kritis dan kreatif, serta memperkenalkan teknologi sejak usia dini.

References

Aisyah, Ani. (2016). Studi literatur: Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self-confident siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol. 2 no. 1, pp. 1–12.

Arly, Adinda; Dwi, Nanda; Andini, Rea. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362-374, 2023.

Komariah, A., & Satori, D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mambu, Joupy G. Z.; Pitra, Dedek Helida; Ilmi, Aziz Rizki Miftahul; Nugroho, Wahyu; Leuwol, Natasya V.; & Saputra, Andi Muh Akbar. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digita. Journal on Education, Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, 2689- 2698.

Maufidhoh, Imroatul & Maghfirah, Ismil. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1 (1) 2023, 31-43.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. 1-3.

Rahadiantino, Lienggar; Fahmi, Arfan; Aparamarta, Hakun Wirawasista; Moerad, Sukriyah Kustanti; & Shiddiqi, Ary Mazharuddin. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. JIPPSD: Volume 6, Nomor 1, Juli 2022, 92-101.

Ratnaningrum, I., Jazuli, M., Raharjo, T. J., & Widodo, W. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Seni Berbasis Artificial Intelligency Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, 1204-1209.

Supriadi, Salsabila Rheinata Rhamadani Putri; Sulistiyani; & Chusni, Muhammad Minan. (2019). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. JPSP: Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 2(2), 192-198.

Yahya, Muhammad; Wahyudi; & Hidayat. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Noviyanti, A. I. ., Hidayanto, N. E. ., & Wijaya, P. R. . (2023). Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 150–155. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1514

Issue

Section

Articles