Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Sibling Rivalry pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang

Authors

  • Nensi Herfinda Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi
  • Masyunita Siregar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1501

Keywords:

Pola Asuh Otoriter ; Sibling Rivalry ; Korelasional

Abstract

Penerapan pola asuh yang tidak berjalan dengan baik, dapat menimbulkan masalah pada anak. Hal ini nantinya akan berimplikasi pada hubungannya dengan lingkungannya, teman sebayanya maupun keluarganya. Satu dari sekian banyak masalah dalam sebuah keluarga yang sering dialami anak yang memiliki saudara lebih dari satu yakni munculnya rasa persaingan antar saudara kandung atau yang dikenal dengan sibling rivalry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan sibling rivalry pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat pola asuh otoriter orang tua berada dalam kategori sedang dengan persentase 63%. 2) tingkat sibling rivalry anak berada pada kategori rendah dengan persentase 53%. 3) Hasil uji korelasi antara pola asuh otoriter orang tua dengan kejadian sibling rivalry pada anak mendapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dengan nilai korelasi sebesar 0,827. Nilai signifikansi dari uji korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dengan sibling rivalry pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang dengan tingkat hubungan yang sangat kuat.

References

Arifudin, O., dkk. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Damayanti, dkk. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 3-6 Tahun: Studi Literatur. Nursing Information Journal. Vol.1. No.2.

Duumirrotin, A.L dan Savira S.I. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol.9. No.6.

Elyta, R. (2021). How to Deal with Sibling Rivalry. Jakarta: Laksana

Fitri, I dan Hotmauli. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sibling Rivalry pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.6. Issue 5.

Fikriyyah, H.F., Nurwati, R.N., & Santoso, M.B. (2022). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM). Vol.2.No.3.

Fitri, I., & Hotmauli, H. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sibling Rivalry pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4163-4170.

Gasril, P dan Hayana. (2019). Analisis Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sibling Rivalry Pada Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Se Kota Pekanbaru. Prosiding SainsTeKes Semnas MIPAKes UMRI. Vol 1.

Handayani, A,T dan Rangkuti, D. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sibling Rivalry Pada AUD Di TK Harapan Medan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian 2018.

Hidayati, N.I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.3.No.1.

Hartati, L., & Qoyyimah, A. U. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sibling Rivalry Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di BA Aisyiyah Sentono. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(1), 29-35.

Indriyanti, L., Nurwati, R.N., & Santoso, M.B. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Sibling Rivalry Pada Anak Usia Toddler. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM). Vol.3.No.1.

Kewa, V., Sudiwati, N.L.P.E., & Ardiyani, V.M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Reaksi Sibling Rivalry Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Nursing News. Vol.2,No.2.

Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orang tua dan Kemandirian Anak. Jakarta: Edukasi Mitra Grafika.

Marhamah, A.A dan Fidesrinur. (2019). Gambaran Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Fenomena Sibling Rivalry Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal AUDHI, Vol. 2, No. 1.

Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan Masa Nifas Preperium care. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muarifah, A dan Fitriana, Y.F.F. (2019). Sibling Rivalry: Bagaimana Pola Asuh dan Kecerdasan Emosi Menjelaskan Fenomena Persaingan Antar Saudara?. Journal of Early Childhood Care & Education. Vol.2. No.1.

Nufus, H dan Adu L. (2020). Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. Ambon: LP2M IAIN Ambon.

Oktriani, Y. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry (Kecemburuan Terhadap Saudara Kandung) Pada Balita Di Desa Labuhan Bakti Kabupaten Simeulue. Skripsi. Fakultas Farmasi dan Kesehatan.

Purnamayanti, N. M. (2022). Buku Ajar Asuhan Kehamilan S1 Kebidanan Jilid II. Jakarta: Mahakarya Citra Utama Group.

Puspita, I. M. (2022). Asuhan Kebidanan Nifas. Jakarta: Rena Cipta Mandiri.

Putri, C.P., Nirwana, E.S., & Wiwinda. (2023). Strategi Pengasuhan Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan. Insan Cendekia:Jurnal Studi Islam, Sosial, dan Pendidikan. Vol.2.No.1.

Qorina, B. (2019). Hubungan Antara Kejadian Sibling Rivalry dengan Pernikahan Dini di Posyandu Desa Wajak Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Malang

Rahmawati, A. (2013). Sibling Rivalry Pada Anak Usia Dini. Jurnal AUDHI, Vol. 15, No. 1

Shochib, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sit, Masganti. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I. Medan: Perdana Publishing.

Sofyan, H., dan M. Muspawi. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Islam Terpadu AN-Nahl Kota Jambi. Jurnal PAUD Emas 1 (1): 24-30.

Subagia, I.N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bali: Nilacakra Publishing House.

Subakti, H., Soesana, A., Suesilowati, S., Saputro, A. N. C., Sari, M., Ariza, H. & Sipayung, R. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Indeks.

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Bengkulu : CV. Zigie Utama

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Panggabean, S. M. U. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kejadian Sibling Rivalry pada Anak di RW 002 Kelurahan Bukit Tempayan Kecamatan Batu Aji Kota Batam: The Relationship of Parenting Pattern with the Rivalry Sibling at RW 002 Kelurahan Bukit Tempayan Batu Aji Kota Batam. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(2), 155-161.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Herfinda, N. ., Muazzomi, N. ., & Siregar, M. . (2024). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Sibling Rivalry pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 54–63. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1501

Issue

Section

Articles