Pengaruh Media Busy Book Terhadap Perkembangan Keaksaraan Anak Kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1495Keywords:
Media Busy Book ; Perkembangan Keaksaraan AnakAbstract
Rendahnya perkembangan keaksaraan pada anak, menyebabkan anak masih sulit menggunakan kosa kata yang baik saat mengungkapkan perasaanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Media Busy Book Terhadap Perkembangan Keaksaraan Anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 13 anak kelompok B yang akan diobservasi perkembangan bahasa pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Berdasarkan hasil setelah melaksanakan pada taraf signifikan ? = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data tes awal di dapat L hitung 0,0983 yang < L tabel 0,234 sedangkan untuk data tes akhir didapat L hitung sebesar 0,1703 yang< L tabel 0,234. Semua data tes awal dan tes akhir memiliki Fhitung < Ftabel. Taraf signifikasi 5%, angka batas penolakan hipotesis nol dalam ttabel adalah 1.7823, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 21.0730, ternyata t> t dari angka batas penolakan hipotesis nol. Dengan demikian hipotesis nol diterima, dengan kesimpulan terdapat pengaruh media busy book terhadap perkembangan keaksaraan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh.
References
Afrianti, Y. dan A. Wirman. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.4 No.2: 1156-1163.
Arifudin, O., dkk. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pnedekatan Praktik. Jakarta: Rieka Cipta.
Hasibuan, dkk. (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). AUD Cendekia, 1(3), 174- 187.
Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Universitas Indraprasta PGRI. Vol.5 No.2
Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Halaman 6 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Prakarsi, E., Karsono, N.K. Dewi. (2020). “Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun”. Jurnal Kumara Cendekia. Vol.8 No.2.
Purnamasari, C., A. Amal, dan Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Vol.4 No.1
Ratri, D. S, Pengembangan Media Busy Book Pada Pembelajaran Menyimak Anak Kelompok TK A. Jurnal Universitas Negeri Malang 2017.
Riandi, M. (2018). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Bahasa: FKIP Universitas Almuslim
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka
Tadjuddin, N. (2014). Desain Pembelajaran Pendidikan Ank Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini). Bandanr Lampung: Aura Printing & Publishing (Anggota IKAPI).
Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Media Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.