Penerapan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di PAUD Aisyiyah Al Ittihad Leuwiliang Bogor

Authors

  • Miptahudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Fauzi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1487

Keywords:

PAUD, Early Childhood Education, Puzzles, Cognitive., Pendidikan Anak Usia Dini, Puzzle, Kognitif

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan aspek perkembangan yang sangat penting bagi setiap manusia. Menurut STPPA 5-6 Tahun pada Permendikbud No.137 Tahun 2014 menyebutkan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun dapat menyebutkan huruf melalui simbol, Membedakan bunyi dan simbol huruf. Namun kemampuan keaksaraan huruf hijaiyah di TPQ Hidayatul Muhyiddin masih sangat rendah. Berlandas tumpu pada STPPA 5-6 tahun di Permendikbud No. 137 Tahun 2014 perlu diberikan arahan dan pembiasaan yang baik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan keaksaraan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TPQ Hidayatul Muhyiddin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan observasi dan wawancara. Hasil observasi dari penelitian ini ditemukan beberapa fakta diantaranya kemampuan anak yang masih sangat kurang dalam meyebutkan simbol huruf hijaiyah yang dikenal, mengenal suara huruf hijaiyah dengan menuliskan lambangnya, memahami hubungan antara bunyi huruf hijaiyah dan bentuk hurufnya, selain itu pembelajaran yang diberikan oleh guru sudah menghilangkan metode klasikal yang mana metode itu dapat menambah ingatan anak dalam memahami setiap huruf atau bacaan yang diajarkan dan hanya berfokus pada bagian anak tanpa adanya proses pengulangan kembali dan penguatan untuk setiap bagian huruf hijaiyah.

References

Almubarok, Al Mubarok, A. A. S., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), hal. 77-89.

Anggraini, W., Nasirun, M., Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B. jurnal Ilmiah Potensia, 5(1). Hal. 31-39.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arisca, W. D. & Agustini, E. P. (2020). Pola Persebaran Sekolah Sma Dan Smk Di Kabupaten Ogan Komerin Ulu, Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir, Dan Prabumulih Menggunakan Metode Avarage Nearst Neighbour. Jurnal Bina Komputer, 2(2), hal. 9

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok a(usia 4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung angka. Jurnal ceria, 2(6), hal. 354-358

Depdiknas (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses: Jakarta: Depdiknas.

Dini, J. P. A. U. (2023). Analisis Kemampuan Kerja Sama Anak dengan Permainan Angklung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). Hal. 427- 438.

Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayati, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan, hal. 65.

Khadijah, Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), hal. 32-41.

Marunung, Ayu Astuti., dan Simanjuntak, Jasper. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2). Hal 1-6.

Nurmadiah, N. (2015). Strategi pembelajaran anak usia dini. Al-Afkar: Jurnal 86 keislaman dan peradaban, 3(1). Hal 19.

Oktafianto, Ezz Rezci. (2018). Pengaruh Permainan Puzzle Lantai terhadap Peningkatan Kemampuan Pemusatan Perhatian Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2). Hal. 1-10.

Putri, C. F., & Zulminiati, Z. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3). Hal. 3038-3044

Ramayulis. (2008). Ilmu pendidikan islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Santrock, John W. (2008). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Suci, Y. T. (2018). Menelaah teori Vygotsky dan interdepensi social sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), hal. 231-239

Trisyana, S., Reza, M., & Psi, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Puzzle pada Kelompok B di Tk Siswa Budi I Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, hal. 5

Yuniati, E. (2018). Puzzle mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah Di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, hal. 36.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Miptahudin, M., Suherman, S., & Fauzi, A. . (2024). Penerapan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di PAUD Aisyiyah Al Ittihad Leuwiliang Bogor. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 436–446. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1487

Issue

Section

Articles