Analisis Kemampuan Keaksaraan Huruf Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun di TPQ Hidayatul Muhyiddin

Authors

  • Devi Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1471

Keywords:

Bahasa, Anak, Kemampuan, Keaksaraan, Huruf

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan aspek perkembangan yang sangat penting bagi setiap manusia. Menurut STPPA 5-6 Tahun pada Permendikbud No.137 Tahun 2014 menyebutkan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun dapat menyebutkan huruf melalui simbol, Membedakan bunyi dan simbol huruf. Namun kemampuan keaksaraan huruf hijaiyah di TPQ Hidayatul Muhyiddin masih sangat rendah. Berlandas tumpu pada STPPA 5-6 tahun di Permendikbud No. 137 Tahun 2014 perlu diberikan Arah dan pembiasaan yang baik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan keaksaraan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TPQ Hidayatul Muhyiddin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara. 

 

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi aksara, 136(2), 2-3.

Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Lembaran Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1668.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2011). Educational research methods. Bandung: Youth Rosadakarya.

Vygotsky, L. S. (2021). Early childhood. LS Vygotsky’s Pedological Works. Volume 2. The Problem of Age, 153-187.

Zulminiati, Z., Hartati, S., & Roza, D. (2022, June). The Urgency of Parents’ Effective Communication in Improving Intellegence of Early Chidlhood. In 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021) (pp. 135-140). Atlantis Press.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Rahmawati, D. . (2024). Analisis Kemampuan Keaksaraan Huruf Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun di TPQ Hidayatul Muhyiddin . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 432–435. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1471

Issue

Section

Articles