Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok B TK Dewi Fatimah 52 Jombang Jember

Authors

  • Siti Kharisa Lailatul Mutoharoh Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hisbiyatul Hasanah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Eky Prasetya Pertiwi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1441

Keywords:

Anak Usia Dini; Kemampuan Kognitif; Metode Project Based Learning

Abstract

Pentingnya pendidikan anak usia dini tidak bisa diabaikan karena akan mempengaruhi perkembangan masa depan anak. Kurangnya perkembangan kemampuan kognitif ini adalah alasan dari penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti tertarik untuk menerapkan metode pembelajaran tertentu, yaitu metode project based learning. Studi ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode project based learning terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok B TK Dewi Fatimah 52 Jombang Jember. Metode kuantitatif diterapkan pada penelitian ini, yang menggunakan pendekatan pre-experimental design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Dokumentasi dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa yang tergabung dalam kelompok B TK Dewi Fatimah 52 Jombang Jember. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T sampel berpasangan dengan memastikan bahwa uji prasyarat terpenuhi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode Project Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok B TK Dewi Fatimah 52 Jombang Jember. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig.) yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditemukan (0,001 < 0,05).

References

Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (2021). Aspek perkembangan kognitif anak usia dini. ASPEK Perkemb. ANAK USIA DINI, 8.

Nabila, Z. D., & Isroah, I. (2019). Pengaruh kewajiban moral dan lingkungan sosial terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 47–58.

Pudjiati, S. R. R., & Masykouri, A. (2011). Mengasah kecerdasan di usia 0-2 tahun. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ….

Setyawan, I. D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data Dengan SPSS. Penerbit Tahta Media Group.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo. Bandung: CV. Alfabeta.

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Widyastuti, A. (2022a). Implementasi Project Based Learning Pada Kurikulum 2022 Prototipe Merdeka Belajar. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Widyastuti, A. (2022b). Merdeka belajar pendidikan anak usia dini dan implementasinya, merdeka belajar, merdeka bermain. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mutoharoh, S. K. L. ., Hasanah, H. ., & Pertiwi, E. P. . (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok B TK Dewi Fatimah 52 Jombang Jember . JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 236–242. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1441

Issue

Section

Articles