Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak TK B di TK/RA AM-Mentari Kota Jambi

Authors

  • Intan Helimsah AM Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1440

Keywords:

Permainan Kooperatif, Perkembangan Sosial Emosional ; Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini berkaitan erat dengan proses perkembangan, sikap dan nilai yang dimiliki anak, serta perolehan kompetensi sosial dan emosional inilah yang akan menjadi modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya sendiri, anak bisa karena mereka beradaptasi dengan kelompok sebaya maupun masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: mengetahui pengaruh permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial emosional  anak usia dini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan jenis One Grup Pretest- Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sampling. Subjek yang diambil sebagai sampel benar-benar merupakan subjek yang paling banyak mengandung ciri-ciri yang terdapat pada populasi, sehingga sampel yang diambil adalah semua anak di kelas B TK/RA AM-MENTARI dengan jumlah sebanyak 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pemaparan yang telah dilakukan terjadi peningkatan peningkatan perkembangan sosial emosional anak-anak. Pada anak Kelas B di TK/RA AM-MENTARI. Hal ini dikarenakan nilai sig,< lebih kecil 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga yang dapat disimpulkan bahwa permainan kooperatif berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini Kelas B di TK/RA AM-MENTARI.

References

Afriiyana. (2020). Peingaruh Peirmaiinan Koopeiratiif Teirhadap Peirkeimbangan Sosiial Anak Usiia 5-6 Tahun Dii Tk Aiisyiiyah Bustanul Athfal (Aba) Iiv Kota Jambii

Eirawatii, N. K., & Suwarniisii, N. M. (2019). Eifeiktiiviitas Peimbeilajaran Koopeiratiif Deingan Peirmaiinan Dalam Mateimatiika. Jurnal Mateimatiika.

Fariikhah, S. (2018). Peindiidiikan Anak dalam Peirspeiktiif Geindeir: Kajiian Konseiptual dan strateigii Aksii. Siitii Nur Hayatii (2021) Jurnal Beirmaiin Dan Peirmaiinan Anak Usiia Diinii

Gunarta, R. S. (2019). Peirmaiinan koopeiratiif anak usiia diinii. Jurnal Peineiliitiian dan Eivaluasii Peindiidiikan.

Lubiis, M. Y. (2019). Meingeimbangkan Sosiial Eimosiional Anak Usiia Diinii Meilaluii Beirmaiin. Peindiidiikan Anak Usiia Diinii.

Niisa, D. Ii. (2019). Peingaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Meimbeintuk peiriilaku Sosiial Eimosiional Anak Usiia Diinii. Jurnal Peindiidiikan Iislam Anak Usiia Diinii.

Nurliita, Y. (2021). Jurnal Peingaruh Peirmaiinan Koopeiratiif Dalam Meiniingkatkan Keimampuan Sosiial Eimosiional Anak Usiia Diinii Dii Tk Iislam Harapan Iibu Liima Kaum.

Saputra, A. (2018). Peindiidiikan anak pada usiia Diinii. Jurnal Iilmiiah Peindiidiikan Agama Iislam

Sofyan, H. (2015). Peirkeimbangan Anak Usiia Diinii Dan Cara Praktiis Peiniingkatannya. Jakarta: Iinfomeidiika

Susanto, A. (2018). Peirkeimbangan Anak Usiia Diinii. Jakarta: Bumii Aksara.

Susanto, D., & Susanto, M. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Permainan Tradisional Dolanan Anak Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional. 1 (1).

Wana, M. (2019). Peingaruh Pola Asuh Peirmiisiif Dii Eira Diigiital Teirhadap Sosiial Eimosiional Anak Usiia 4-5 Tahun

Zaiinii, H., & Deiwii, K. (2017). Peintiingnya Meidiia Peimbeilajaran Untuk Anak Usiia Diinii. Raudhatul Athfal: Jurnal Peindiidiikan Iislam Anak Usiia Diinii.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

A.M., I. H. ., Muazzomi, N. ., & Harianja, S. I. . (2024). Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak TK B di TK/RA AM-Mentari Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 420–424. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1440

Issue

Section

Articles