Penerapan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penanaman Karakter Anak di Kelompok Bermain Al-Hikmah Jombang-Jember

Authors

  • Fadian Musyayyadah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ahmad Afandi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Riza Wahyu Utami Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1436

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan, Penanaman Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini.

Abstract

Inovasi dan pembaharuan dalam memajukan pendidikan terus dilakukan seperti pada saat ini termasuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan. Profil pelajar Pancasila menjadi hal krusial dimana munculnya masalah terkait pengamalan nilai Pancasila yang berdampak pada jatuhnya karakter siswa. Dalam konteks pendidikan, pembelajaran dan pengembangan karakter pelajar Pancasila harus menjadi fokus utama untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter Pancasila yang dapat dipupuk sejak pendidikan anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penguatan profil pelajar Pancasila pada pendidikan anak usia dini dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Studi kasus dilakukan pada kelompok bermain Al Hikmah dimana metode pengambilan data yang dilakukan berupa observasi dan wawancara terstruktur bersama perwakilan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Guru telah menyisipkan nilai-nilai Pancasila dalam melakukan pembelajaran dengan tetap memerhatikan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembelajaran berbasis projek pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa seperti karakter kreatif, karakter mandiri dan karakter gotong royong.

References

Aisyah. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2). 37-41.

Aminuddin, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 11-22.

Anifah, E. M., I. D. W. S. Rini, R. Hidayat, dan M. Ridho. 2021. Estimasi Gas Rumah Kaca (GRK) Kegiatan Pengelolaan Sampah di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 13(1). 17-33.

Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Lembaga Paud Meraje Gune. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2). 190-206.

Center on the Developing Child at Harvard University. (2016). From Best Practices to Breakthrough Impacts: A Science-Based Approach to Building a More Promising Future for Young Children and Families.

Charmaz, K. (2014). Constructing grounded theory. Sage publications.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge. Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Dinas Sosial PPPA Kabupaten Kulon Progo. (2022, 4 Agustus). Memahami Karakter Anak. Diakses pada 7 Mei 2023, dari https://dinsos.kulonprogokab.go.id/detil/628/memahami-karakter-anak#:~:text=Karakter%20anak%20merupakan%20akhlak%20yang,emas%20(the%20golden%20age).

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 5(1). 717-733.

Ismiyati, S., & Sugiyanto. (2020). Pembelajaran daur ulang botol bekas dalam meningkatkan kreativitas siswa. Journal of Primary Education, 9(1), 50-59. doi: 10.26737/jipf.v9i1.1611

Jamaludin, S. N. Alanur, S. Amus, dan Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(3). 698-709.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 138-151.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhammad, I. S., Sari, F., & Handayani, S. (2021). The Role of Environmental Education in Raising Awareness of Environmental Issues Among Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1815, 012003. doi: 10.1088/1742-6596/1815/1/012003

National Association for the Education of Young Children. (2009). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. National Geographic Kids. (n.d.). Recycling 101. Diakses pada 5 April 2023, dari https://kids.nationalgeographic.com/explore/recycling-101/

Pratiwi, E. W., Amalia, S. S., & Haryanto, A. (2020). Pengaruh pembelajaran daur ulang botol plastik terhadap sikap siswa terhadap lingkungan di SMP Negeri 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Journal of Chemical Information and Modeling, 54(1), 62-74. doi: 10.1016/j.jcim.2013.02.017

Rachman, S. P. D. Dan I. Cahyani. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. 2(1). 52-65.

Rosdiana, A dan P. A. Wibowo. (2021). Program Pendampingan Daur Ulang Sampah Sebagai Upaya Pengurangan Polusi Lingkungan Melalui Transformasi untuk Nilai Tambah Ekonomi. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan. 3(2). 96-100.

Satria, R, Pia A., Kandi S. W., Tracey Y. H. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sudjana, N. (2017). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Setyono, P., & Raharjo, B. (2021). Kajian Potensi Ekonomi Kreatif Daur Ulang Botol Bekas. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 83(1), 147-155. doi: 10.21776/ub.jabs.2021.083.01.15

Sulistyaningrum, E., & Pratiwi, E. W. (2019). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam mendaur ulang botol bekas. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 121-127. doi: 10.293

Safitri, A, D. Wulandari, dan Y. T. Herlambang. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal BASICEDU. 6(4). 7076-7086.

Sulastri, S. Syahril, N. Adi, dan E. Ermita. 2022. Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 7(3). 413-420.

Tatminingsih, S., H. Lulu, dan I. Cintasih. 2019. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Edisi 2). Tangerang: Universitas Terbuka.

U.S. Environmental Protection Agency. (2022). Kids' Club: Reduce, Reuse, Recycle. Diakses pada 5 April 2023, dari https://www.epa.gov/students/kids-club-reduce-reuse-recycle

Ulandari, Sukma dan Rapita, Desinta Dwi. (2023). “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik”. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 8 (2), 116-132.

Yusuf, M. (2018). The Importance of Pancasila Education in Building Student Character. Journal of Education and Practice, 9(18), 87-92

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Musyayyadah, F. ., Afandi, A. ., & Utami, R. W. . (2023). Penerapan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penanaman Karakter Anak di Kelompok Bermain Al-Hikmah Jombang-Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 208–221. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1436

Issue

Section

Articles