Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kompetensi Profesional Guru dalam Melaksanakan Supervisi Akademik di TK Plus Al-Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1433Keywords:
Peran kepala sekolah sebagai supervisor, Kompetensi profesional guru, Supervisi akademikAbstract
Sebagai seorang supervisor, kepala sekolah berperan pada upaya membantu mengembangkan profesionalitas pengajar serta tenaga kependidikan lainnya. Kompetensi profesional ialah kemampuan seorang pengajar pada menguasai materi ajar yang luas serta mendalam, yang memungkinkan untuk membimbing siswa. Supervisi akademik merupakan aktivitas bantuan atau upaya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru untuk proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin dicapai untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kompetensi professional guru dalam melaksanakan supervisi akademik di TK Plus Al Hujjah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi ini mengobservasi kepala sekolah dan guru di TK Plus Al Hujjah, Wawancara yakni dilakukan secara langsung bersama kepala sekolah dan guru di TK Plus Al Hujjah, Dokumentasi yaitu profil sekolah di TK Plus Al Hujjah, profil sekolah, profil guru, silabus, rpph, rppm, dan data-data yang berhubungan. Hasil penelitian bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor sebagai berikut yaitu sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan evaluator peran kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan bahwa berjalan sesuai dengan tugasnya. Namun terdapat kekurangan dalam kegiatan supervisi akademik salah satunya kendala yang dialami yaitu seperti belum menyiapkan silabus, rppm dan rpph.
References
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). 5(1): 9-19.
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah. 5(2): 24-38.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 19-36.
Makmurrizal, C. Z. H., & Ibrahim, S. (2016). Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Rofesionalisme Guru Pada SMA Negeri 2 Bandar Baru Pidie Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).
Urohiman. (2016). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan. 10(6): 608-615.
Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan. 4(2): 151-163.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Jurnal administrasi Pendidikan. 24(2).
Triyaningsih, S. L. (2006). Pengaruh Pendidikan Formal dan Pelatihan Terhadap Profesionalisme Kepala Sekolah Dasar. Jurnal manajemen sumber daya manusia. 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.