Penerapan Calistung di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1426Keywords:
calistung; pendidikan anak usia dini, tuntutan orang tua; penerapan calistung; guru PAUDAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu tahapan yang berperan sebagai sarana tumbuh kembang anak untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Setiap anak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan, seperti yang dikemukakan dengan tegas dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan akan dimulai sejak dini. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan kajian literatur (kepustakaan) berupa catatan, buku, hasil penelitian terdahulu. Teknik analisis data dimulai dengan analisis hasil studi terbaru dan secara bertahap meluas ke tahun-tahun yang lebih panjang. Pada hakikatnya penerapan calistung pada anak usia dini ‘boleh” diterapkan, dengan syarat guru yang mengajarkan kompeten dan memahami tahapan perkembangan anak. Untuk mempersiapkan anak untuk memulai calistung, pembelajaran calistung harus dikemas dengan cara yang menyenangkan melalui pendekatan bermain. Selain itu, harus disesuaikan dengan perkembangan anak dan menciptakan lingkungan yang kaya akan “keaksaraan”.berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran calistung pada anak usia dini boleh dilakukan akan tetapi harus memperhatikan tahapan perkembangan dan karakteristik anak. Pembelajaran calistung harus dikemas dengan cara yang menyenangkan dan melalui pendekatan bermain
References
Anisah, Z. (2017). Efektivitas Otak Anak Usia Dini dalam Mengenal Calistung. Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 208-221.
Aprilianti, O. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU JILID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4 TAHUN DI RA AZ-ZAHRA. JECIE (journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 23-32.
Asdiana, A. (31 de Maret de 2020). Kompasiana. Obtenido de https://www.kompasiana.com/auliaasdiana/5e82a4ba097f361cfc7e3a72/bijak-menyikapi-pro-kontra-tentang-calistung-pada-anak-usia-dini
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19-42.
Asria, D. (29 de Januari de 2022). Kabar Banten. Obtenido de Pikiran Rakyat: https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-593597504/calistung-tak-disarankan-diajarkan-pada-anak-usia-dini-ini-yang-harus-diberikan-di-paud
Bram, D. (13 de Juni de 2022). Radar Solo. Obtenido de Online : https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/13/06/2022/awas-bahaya-calistung-jangan-diterapkan-di-jenjang-paud/
Eko. (06 de Mei de 2023). Paudpedia. Obtenido de Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/desy-ratnasari-msi-mpsi-jangan-lagi-guru-sd-guru-paud-dan-orangtua-saling-menyalahkan-soal-calistung?do=MTU3Mi05NWVmNjM1MA==&ix=MTEtYmJkNjQ3YzA=
Eprilia, U. H. (2011). Implementasi Metode Pembelajaran Calistung Permulaan Bagi Anak Play Group Aisyiyah di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2), 126-136.
Fiona, D. (21 de Desember de 2020). Orami. Obtenido de Online: https://www.orami.co.id/magazine/stimulasi-calistung-anak-usia-dini
Haryanti, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Pekalongan, Jawa tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Herlina. (27 de Maret de 2022). Radar Semarang. Obtenido de Online: https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/03/27/mewaspadai-bahaya-metode-calistung-dalam-pendidikan-anak-usia-dini/
Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1), 1-18.
Julianingsih, D. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-16.
Kelana, N. S. (7 de Maret de 2018). Siedoo. Obtenido de Siedoo: https://siedoo.com/berita-4260-bahaya-memaksa-anak-usia-dini-kuasai-calistung/
Lisnawati, L. (2020). Pengaruh Parenting terhadap Pemahaman Orang Tua Mengenai Calistung. Jurnal Pelita, 5(1), 26-31.
Lutfatulatifah. (2017). Persepsi Guru Tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 77-81.
Marlisa, L. (2019). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25-38.
Mutmainah. (2017). Analisis Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dasar Melalui Bimbingan Belajar di Rumbel Arira. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), 23-30.
Napitupulu, E. L. (4 de April de 2023). Merdeka Belajar. Obtenido de Kompas: https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/04/03/ketika-larangan-uji-calistung-kembali-digemakan
Nasir, A. (2018). Polemik Calistung untuk Anak Usia Dini (Telaah Konsep Development Approriate Practice). ThufuLa, 6(2), 326-343.
Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 278-238.
Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung pada Anak Usia Dini. Jurnal kajian dan Pengembangan Umat, 2(1), 14-22.
Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 58-63.
Rahmadhani, D. A. (10 de Agustus de 2021). Popmama. Obtenido de Online: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/devi-ari-rahmadhani/belajar-calistung-sesuai-usia-anak
Ruciani, S. (25 de Juni de 2022). Online. Obtenido de Media Mahasiswa Indonesia: https://mahasiswaindonesia.id/maraknya-orang-tua-menuntut-anak-bisa-membaca-di-paud/
Sofia, A. (2023). Persepsi Orang Tua terhadap Pembelajaran Calistung Anak Usia 4-5 Tahun. Early Chldhood Education Journal, 5(1), 130-142.
Solichah, N. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada AnakUsia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931-3943.
Ulfah, S. M. (27 de Juni de 2021). Gurusiana. Obtenido de Online: https://www.gurusiana.id/read/stmariaulfahspdmpd/article/stop-memaksa-anak-usia-dini-belajar-calistung-1752582
Ulwiyah, I. (2022). STIMULASI KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL ANAK USIA DINI MELALUI VARIASI LAGI. JECIE (journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 16-22.
Wijayanti, F. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR LOGIS. JECIE (journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 40-45.
Wiradana, S. (28 de Juli de 2022). 14Kompasiana. Obtenido de Online: https://www.kompasiana.com/satyawiradana4286/62e2108ba51c6f401b10d1a2/memahami-pembelajaran-calistung-di-pendidikan-anak-usia-dini
Wulansuci, G. (2019). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 38-43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.