Persepsi Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1425Keywords:
Persepsi Orang Tua ; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Abstract
Penelitian ini menganalisis persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini yang pada faktanya begitu banyak kekeliruan dalam memahami pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan, masa peka, dan peran penting anak usia dini sebagai generasi emas suatu bangsa. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa persentase (%). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua yang menyekolahkan anaknya di TK Hafizah Desa Bendar Sedap. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci. Hasil dari peneltian ini diantaranya meliputi persepsi orang tua tentang pentingnya PAUD berada pada kualitas sedang (46,0%), persepsi orang tua mengenai anak usia dini hidup pada masa peka berada pada kualitas sedang (44,8%), dan persepsi orang tua mengenai anak usia dini merupakan generasi emas suatu bangsa berada pada kualitas sedang (50%). Kesimpulannya persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini di TK Hafizah Desa Bendar Sedap Kabupaten Kerinci berada pada kualitas sedang yaitu (46,93%).
References
Amin, S. (2016). Pengantar Psikologi Umum. Edisi I.
Cahyani, R. & Suyadi, S. 2018. Konsep Dasar PAUD.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 4301
Komariah, N. (2015). Kurikulum berbasis Al-quran (kbq) pada anak usia dini. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 3(1).
Slavin, R. E. (2012). Educational psychology: Theory and practice.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suharsimi, A. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2014. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujiono, S. (2013). Implementasi Lembaga Praperadilan untuk Perlindungan Hukum Hak-hak Tersangka (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Tenggarong). Arena Hukum. 6 (2): 272-289.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep & Teori. Bumi Aksara.
Wiyani, N. A. (2016). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1 (1): 53-74.
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini. Jakarta: Gaung Persada.
Yusuf, S. (2014). Sugandhi M. Perkembangan peserta didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.