Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Kegiatan Fun Cooking pada anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1421Keywords:
Kemampuan Kerjasama ; Kegiatan Fun cookingAbstract
Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Muaro Jambi masih belum sepenuhnya berkembang, contohnya sebagian besar anak masih kurang berinteraksi, kurang sabar dan belum bisa bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan kegiatan Fun Cooking pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan bentuk tindakan kolaboratif dan terdiri dari II siklus selama 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakuakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Muaro Jambi. Sebelum kegiatan fun cooking duilakukan rata-rata kemapuan kerjasma anak usia 5-6 tahun di TK Negeri pembina terlihat hanya memperoleh 30,38% yang berada pada kategori rendah atau belum mencapai ketuntasan yang ditentukan yaitu >76%. Setelah dilakukanya tindakan pada siklus I kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun mengalami peningkatan pada pertemuan satu sebesar 41,67% pertemuan dua 49,83% dan pertemuan ketiga 61,98%. Pada siklus II pertemuan satu meningkat sebesar 72,57% pertemuan dua 81, 60% dan pertemuan ketiga sebesar 89, 06%.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (Ed.)). CV. Syakir Media Press. https://books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ
Adi, R. (2012). Sosiologi Hukum: Kajian Hukum Secara Sosiologis. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=FgN5DAAAQBAJ
Ahmad Susanto. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak (pertama). Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=Blc_DwAAQBAJ
Amaros, Y., & Rohita, R. (2018). Peran Kegiatan Fun cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 256. https://doi.org/10.36722/sh.v4i4.303
Aqobah, J, Q., A. M. G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.
Ayuba, M, S., R.U.D, N. T. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di RA Almourky. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 44–45.
Azhima, I. (2019). Art and Craft?: Kegiatan menyenangkan untuk melatih kerjasama anak usia dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 6–10.
Dachlan, M., N.F.E, T. (2019). Perkembangan Sosial Emosional anak usia dini (T.Yuliyanti(Ed.);1sted.). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1226624
Dewi, N, W, E, P., I.K. Gading, P. A. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 126–135.
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok. Paud Tambusai Pgpaud Stk, 2 Nomor 1, 29–45.
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild?: Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking Di Ra Darussalam Kedoya Jakarta Barat. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran. https://books.google.co.id/books?id=Vja4DwAAQBAJ
Kasmin A.D, S. S. U. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Kooperatif di kelompok B TK Mekar Sari Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.200
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.
Kustiyam, H. (2017). Penerapan Metode Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Tk Candra Siwi Tama Kota Madiun. Jurnal Care, 5(1), 29–38.
Kusumastuti, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Plosokerep Bunder Patuk Gunung Kidul. Pendidikan Anak Usia Dini, VI, 561–573. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/7644
Lestari, D. P. (2019). Peningkatan Kreatifitas Melalui Funcooking pada Kelompok A RA Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 18–28. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5370
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Magta, M., P. R. U, E. D. P. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 212. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261
Mahmudah, M., N.L, M. N. Z. M. (2021). Melatih Kecerdasan Matematis Logis Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Di SD Nu Metro Lampung. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(1), 57. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.3946
Ningrum, N. C. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Di Kelompok a Tk Pkk 62 Tridaya Canden Jetis Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(9), 355.
Nurcahyati, D., R. W. P. (2015). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Makanan Sehat Melalui Penerapan Sentra Cooking Pada Kelompok Bermain B di PAUD Baitus Shibayaan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1–27.
Prabandari, R, I., F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. In Jurnal AUDHI (Vol. 1, Issue 2).
Prayuanti, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Melalui Metode Bermain Pada Kelompok B di TK PKK 54 Pucung Pendowoharjo Sewon Bantul. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, M. P. (2013). Meningkatkan Kerjasama Melalui Permainan Bakiak Pada Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain (Kb) “Khanza Kids” Tegaldowo Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Naskah Publikasi.
R.Samiawan, C. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan keunggulan (Raco (Ed)). Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC
Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar (8th ed.). Rineka Cipta.
Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=tO3sDwAAQBAJ
Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru Paud Melati Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Universitas PGRI Palembang, 754.
Sari, A. M. (2017). Upaya Mengembangkan Kreativitas Pada Kegiatan Fun Cooking Di Kelompok B PKK Marsudisiwi Gunung Kelir, Pleret, Batul. 659–670.
Sari, N. Y. (2018). Bermain Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Bakti Way Puji Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji. Jurnal Pendidikan,6(1) 430–439.
Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Cv. Infomedika.
Sriyana. (2022). Sosiologi Pedesaan (F. Fernando (Ed.)). Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=mXZjEAAAQBAJ
Stiaji, B. (2022). Peningkatan Sikap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari, Ponorogo. 62.
Sudirman, I. N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=CHIhEAAAQBAJ
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ
Susanti, N.A. (2022). Peningkatan kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bakiak Di Dusun Paso’tanae, Desa Belabori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.
Tanfidiyah, N., S. P. M. P. (2021). Dasar-dasar PAUD (Mengkaji Pendidikan Anak Usia Dini dari Akarnya). Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=8-
Trismahwati, D., N. I. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Azzahra, 1(2), 19.
Walujo, A, D., A. L. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak (pertama). Kencana. https://books.google.co.id/books?id=FhZNDwAAQBAJ
Zahwa, N. A. (2017). Kemampuan Kerjasam Anak Usia Dini Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Di Kelompok B RA AL-Karomah Batang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.