Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Art and Craft di TK Kirana Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1407Keywords:
art and craft, motorik halusAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi belum sepenuhnya berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis huruf (horizontal, vertikal, lengkung, miring), dalam koordinasi mata dan tangan yang terlihat dari cara anak menggunakan gunting yang belum tepat. Anak juga sulit melakukan kegiatan menjiplak bentuk serta melakukan gerakan manipulatif dan mengekspresikan diri dalam berkarya seperti kegiatan pembelajaran menempel benda sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan art and craft dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dan 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Pada setiap pertemuannya mempunyai langkah-langkah yang teridiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi. Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana meningkat secara bertahap melalui penerapan kegiatan art and craft. Terlihat pada hasil awal/pratindakan hanya sebesar 27,38% dengan tiga kegiatan yaitu menebalkan garis putus-putus, menjiplak daun dan 3M (menggunting, menempel, mewarnai). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 32,53%, siklus I pertemuaan 2 39,87%, siklus I pertemuan 3 44,63%, siklus II pertemuan 1 49,99%, siklus II pertemuan 2 55,15%, siklus II pertemuan 3 62,09%, siklus III pertemuan 1 69,63%, siklus III pertemuan 2 83,13% dan siklus III pertemuan 3 89,3% yang melebihi ketuntasan yaitu 80% dengan kategori berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi meningkat melalui kegiatan art and craft.
References
Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., Fadil, F., & Abiyyu, A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46.
Almuna, N., Sagala, A. C. D., & Pusari, R. W. (2022). Stimulasi Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pandemi Covid Di Lingkungan Keluarga. Wawasan Pendidikan, 2(2), 477-484.
Anjani, R. D., & Sumarni, S. (2021). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia (4-5) Tahun Selama Pandemi Covid-19 Di Jalan SarjN Ogan Ilir (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),170.
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Arpa, D., & Maghfiroh, M. (2021). Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik Bengkalis. Kaisa, 1(1), 38-46.
Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press, 1-186.
Azhima, I., Raya, J., Muka, R., & Timur, J. (2019). Art and Craft: Kegiatan Menyenangkan untuk Melatih Kerjasama Anak Usia Dini Idzni Azhima Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 2502–7166.
Cllaudia, E. S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143-148.
Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190-195.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727.
Dunggio, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Madani Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Skripsi, 1(153414006).
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Linda Devi.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Fidianti, A. (2018). Aku Anak Kreatif: Stimulasi Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Art And Craft. In Jurnal Pendidikan Seni (Vol. 1, Issue 1).
Habe, R. M. R., & Setyowati, S. (2018). Penggunaan Art And Craft Activities Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial-Emosional (Kepercayaan Diri) Anak di TKIT Al-Uswah
Hamdah, H., & Mulyanti, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Gambar Berseri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD EL-HUSAENI. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 9-22..
Hasanah, N., Mappapoleonro, A. M., & Yudha, C. B. (2019, December). Upaya Meningkatkan Motorik Halus melalui Media Kolase. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Hayati, N., Nyoman Seriati, N., & Lusi Nurhayati, dan. (2012). Kegiatan Bermain Berbasis Art Craft Bagi Anak Usia Dini Untuk Mempromosikan Kecintaan Pada Lingkungan.
Isnaini, R., & Katoningsih, S. (2022). Problematics of Improving Fine Motor Abilities of Children Age 5-6 Years. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(1), 58-64.
Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Kencana, Jakarta
Kurnia, D. S. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis (Penelitian Eksperimen pada Kelompok B di Taman Kanak- kanak Pertiwi Matanna Tikka Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone Tahun 2015). 09.
Kusuma Putri, D., Joko Raharjo, T., & Raya Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan, C. (2020). Area group Learning Strategies by Using Brush Away Technique in Identifying Fine Motor and Art Skills for Kindergarden Article Info. Journal of Primary Education, 9(3), 299–306. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.33223
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.
Muliawan, J. U. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media.
Nurani, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (2nd ed.).
Ogutu, W. (2020). The Dynamics of Art and Craft Curriculum in Enhancing Child Growth and Development. East African Journal of Education Studies, 2(1), 18-24.
Paramita, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Made Vina Arie Paramita (1) Panggung Sutapa (2).
Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish. Permendikbud137-2014 Standar Nasional PAUD. (n.d.).
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91-100.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Purnama, S., Pratiwi, H., & Rochmadheny, P. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (R. Indrawati, Ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Puryanti, P., & Isnaningsih, A. (2022a). Pengaruh Kegiatan Art Craft Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 162–167. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.319
Rachmana, C. A. (2022). Penerapan Art And Craft Dalam Penerapan Motorik Halus: Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dradjat Al-Islami Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 102-110.
Ramadhini, F., & Mahdi, N. I. (2020, June). Peningkatan Pemahaman Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Seni dan Kerajinan Tangan (Art and Craft). In Forum Paedagogik (Vol. 8, No. 1, pp. 1-11).
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6 (1), 51-61.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Sjamsir, H., Rahardjo, B., & Surentu, S. A. (2021). Penerapan Metode STEAM Berbasis Loose Part Dalam Optimalisasi kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (M. Ulfah, Ed.). CV. Amerta Media, Jawa Tengah
Suryono, H. (2014). Metode Analisis Statistik Pedoman Praktis dalam Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ombak.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 575.
Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: konsep dan praktik MMT di KB. TK/RA, Yogyakarta: Gava Media.
Yuningsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendiikan Anak Usia Dini. In Jurnal Edukasi Sebelas April) (Vol. 3, Issue 1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.