Pengaruh Pembelajaran Demontrasi Berbasis Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Desa Nantigo
DOI:
https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1406Keywords:
Pembelajaran Berbasis Video ; Perkembangan Nilai Agama ; MoralAbstract
Salah satu cara pengembangan moral dan agama pada anak usia dini dalam dilakukan melalui pembelajaran Demonstrasi. Pada pelaksanaannya, pembelajaran Demonstrasi ini juga dapat menggunakan media pembelajaran agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media video animasi. Salah satu video animasi yang dapat digunakan adalah animasi upin dan ipin, karena animasi ini memiliki pesan moral dan nilai agama yang diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan moral dan agama pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Demonstrasi berbasis media video terhadap perkembangan Agama dan Moral Anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Desa Nan Tigo . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest one class design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 12 anak usia 5-6 tahun di kelompok B2. Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan pretest, pemberian perlakuan dan posttest. Analisis data menggunajan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan moral dan agama pada anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Pertiwi Desa Nantigo sebelum diberi perlakuan penggunaan media video animasi Upin dan ipin dalam pembelajaran Demonstrasi (pretest) adalah 6 dan setelah diberi perlakuan adalah 17. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,821 lebih besar dari t tabel sebesar 1,78 (thitung> ttabel), sedangkan nilai signfiikansi dari hasil uji-t sebesar 0,001, serta nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (?<0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat perbedaan perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B2 TK Pertiwi Desa Nantigo sebelum diberi perlakuan (posttest) dengan setelah diberi perlakuan pembelajaran Demonstrasi berbasis media video (posttest). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Demonstrasi berbasis video berpengaruh terhadap perkembangan Agama dan Moral pada anak usia dini di kelompok B2 TK Pertiwi Desa Nantigo.
References
Afnanda, Mihrab. Pengaruh pemanfaatan media film animasi Upin dan Ipin dan media guru terhadap penguatan perilaku moral siswa di MI Iqdamul Ulum Martapura. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.
Aswan, Zain. dkk. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.
Anas Sudijono. Pengantar evaluasi peendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2013.
Antonius, Yung, and Mastar Asran. "Penggunaan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 4.6.(2015)
Aqib, Zainal & Murtadlo, Ali. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. 2014
Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, and Aen Zaenudin. "Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3.1 (2016).
Cahyanto, Devi Dwi. Pemanfaatan Media Video Pembelajaran “Bermain dengan Angka” Untuk Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Unesa, (Online) Vol 1:1.(2014).
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2016.
Diana, Siti Aisyah. Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas ViII SMP Daarul Qur’an Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakrta, (2012).
Herlina, Marmawi,Yuline. Peningkatan Kemampuan Membaca Doa Dalam Kegiatan Sehari-Hari Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia 5-6. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (Online)Volume 3 Nomor 12, (2012).
Hidayat, Otib Satibi, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.
Husin, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile”. Diss. IKIP PGRI Pontianak. (2022).
Jamaluddin, Dindin. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Jurnal PAUD Teratai, “Pengaruh media video terhadap pengembangan nilai agama moral anak usia 4-5 tahun di TK darul ulum Surabaya” vol.8 no. 3 tahun (2019).
Komariah, Cicih. "Hubungan status refraksi, dengan kebiasaan membaca, aktivitas di depan komputer, dan status refraksi orang tua pada anak usia sekolah dasar." Jurnal Kedokteran Brawijaya 28.2. (2014).
Lestarinigrum, Anik. Pengaruh Penggunaan Media VCD Terhadap Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 8 Edis ke-2. (2014).
Lantik, I Nengah. "Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajra IPA Kelas IX B SMP Negeri 5 Tabanan Tahun Pelajaran 2016/2017." Majalah Ilmiah Universitas Tabanan 18.1 (2021).
Margaretha, Lydia, and Dwi Nomi Pura. "Pengembangan Model Media Audio- Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu." KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 2.2 (2019).
Margono.S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005. Rismaningsih, Dkk, Fisika Dasar Mekanika. Media Sains Indonesia, 2021.
Nurfadhillah, Septy, et al. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang." NUSANTARA 3.1 (2021).
Ni'mah, Zuhriyatul. Peran media video animasi dalam meningkatkan minat belajar fiqih siswa kelas 1 MI Islamiyah Pangkahkulon Ujungpangkah Gresik. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, (2021).
Ngaisah, Siti. "Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa di Masa Pandemi Covid 19 dengan Metode Demonstrasi Melalui Aplikasi Zoom Pada Materi Bangun Ruang Kubus di Kelas X Perhotelan SMKN 4 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021." BORNEO, Volume XV, Nomor: 43.
Priyo, Margono dan Hidaya N. "Terapi Relaksasi Autogenik Menurunkan Tekanan Darah dan Sakit Kepala pada Lansia Hipertensi di Daerah Rawan Bencana Merapi." URECOL, (2017).
Sahara, Siti, Vitri Angraini Hardi, and Moh Fauziddin. "Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Media Audio Visual (Video) pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar." Journal on Teacher Education 2.1 (2020): 137-145.
Salim, Haitami. Pendidikan Agama Dalam Keluarga (Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi bangsa yang Berkarakter, Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
Sanjaya, W. Perencanaandan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010.
Sari, P. E, "Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Ra Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat." Jurnal Penelitian Universitas Jambi, (2017).
Siti Aisyatuz Zulfiati’aini Nurul Khotimah, “Pengaruh Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak USia 4-5 Tahun di TK Darul Ulum Surabaya”. Jurnal PAUD Teratai, Vol. 08, No. 03. (2019).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, PT. Alfabeta: Yogyakarta, 2017.
Suharti, Dwi. "Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Negeri 1 BALIKPAPAN Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah)." PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat 1.1 (2021).
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta, 2010.
Virdyna, Nina Khayatul. Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Duta Media Publishing, 2020.
Wibawanto, W. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif. 2017.
Wiwiyanti, Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Taharah Peserta didik KelasVII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Parepare. Diss. IAIN Parepare, (2019).
Wuwung, Olivia Cherly. Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Scopindo Media Pustaka, 2020.
Zulfiati’aini, Siti Aisyatuz, and Nurul Khotimah. Pengaruh Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia 4-5 Di TK Darul ulum Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.